Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yunani Lipat Gandakan Anggaran Pertahanannya, Jadi Rp 94,7 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Desember 2020, 08:45 WIB
Yunani Lipat Gandakan Anggaran Pertahanannya, Jadi Rp 94,7 Triliun
Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis/Net
rmol news logo Pemerintah Yunani meningkatkan anggaran militer sebanyak lebih dari dua kali lipat dari angka sebelumnya.  

Setelah melakukan perdebatan sengit selama lima hari, parlemen Yunani akhirnya telah menyetujui keputusan pemerintah untuk meningkatkan anggaran militer pada Selasa malam (15/12).

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan, pemerintah ingin meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 57 persen dibandingkan 2019 pada 2021.

Dengan begitu, anggaran pertahanan Yunani diproyeksikan mencapai sekitar 5,5 miliar euro atau setara dengan Rp 94,7 triliun (Rp 17.200/euro).

Dikutip dari Anadolu Agency, Yunani telah menghabiskan 2,3 persen dari PDB-nya untuk pertahanan pada 2019.

Dalam pemungutan suara, sekitar 189 anggota parlemen memberikan dukungan kepada pemerintah, 16 menentang, dan 95 lainnya abstain.

Mitsotakis mengatakan pemerintah akan menandatangani kesepakatan dengan Prancis untuk pembelian 18 jet tempur Rafale buatan Dassault dalam beberapa hari mendatang.

"Belum pernah sebelumnya program militer yang begitu kompleks dan penting dilakukan dengan begitu cepat dan efisien," ujar Mitsotakis.

Ia juga mengatakan, pemerintah ingin mendapatkan fregat, helikopter, drone, meningkatkan armada F-16, serta merekrut 15 ribu personel tambahan.

Peningkatan anggaran pertahanan itu dikecam oleh pemimpin partai sayap kiri Syriza, Alexis Tsipras.

“Jika ada satu kata yang menggambarkan rancangan anggaran 2021 dan pengelolaan pemerintah atas semua isu kritis, itu adalah 'gagal'," ucap dia.

Peningkatan anggaran pertahanan Yunani sendiri terjadi ketika ia tengah berselisih dengan Turki atas sengketa wilayah Mediterania. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA