Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Masuk 10 Besar Eksportir Senjata Dunia Bersama AS Hingga China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Desember 2020, 16:40 WIB
Korsel Masuk 10 Besar Eksportir Senjata Dunia Bersama AS Hingga China
Alat pertahanan Korea Selatan/Net
rmol news logo Industri pertahanan Korea Selatan semakin melejit, bahkan saat ini masuk ke dalam barisan para produsen senjata top dunia seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, Jerman, dan Prancis.

Mengutip laporan tahunan pemerintah yang dirilis pada Senin (14//12), Defence Blog memuat, Korea Selatan menjadi salah satu eksportir senjata terbesar selama lima tahun terakhir.

"Seoul adalah eksportir senjata terbesar ke-10 dalam periode 2015 hingga 2019, terhitung 2,1 persen dari total ekspor pertahanan dunia," kata laporan itu.

Dikutip dari Yonhap, Korea Selatan berada pada peringkat ke-11 dalam laporan tersebut.

Dalam laporan itu, AS masih menjadi pengekspor senjata terbesar, diikuti oleh Rusia, Prancis, Jerman, dan China. Mereka menyumbang 76 persen dari total ekspor pertahanan dunia.

Sementara itu, Arab Saudi merupakan importir senjata terbesar, diikuti oleh India, Mesir, Australia, dan China. Kelilmanya menyumbang 36 persen dari total impor pertahanan dunia.

Secara keseluruhan, jumlah transaksi senjata global meningkat 5,5 persen selama periode yang disebutkan dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya.

Di antara 100 perusahaan pertahanan teratas dunia, Korea Selatan memiliki tiga dalam daftar, yaitu Hanwha Aerospace Co pada urutan ke-46, Korea Aerospace Industries urutan ke-60 dan LIG Nex1 Co urutan  ke-76.

Sebanyak 43 perusahaan AS masuk dalam daftar, dengan total penjualan gabungan mereka menyumbang 59 persen dari jumlah penjualan 100 perusahaan teratas.

Secara sektoral, peralatan udara menyumbang porsi terbesar dengan 44,5 persen, disusul kapal dengan 13,2 persen, rudal 12,7 persen, dan kendaraan lapis baja 11,2 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA