Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksin Lokal Buatan Vietnam Mulai Masuki Uji Klinis Pada Manusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Desember 2020, 07:11 WIB
Vaksin Lokal Buatan Vietnam Mulai Masuki Uji Klinis Pada Manusia
Uji klinis Nanocovac yang dikembangkan oleh Nanogen di Vietnam/Net
rmol news logo Perusahaan farmasi Vietnam, Nanogen, sudah memasuki uji klinis pada manusia untuk vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan, Nanocovac.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Uji klinis itu dimulai di Hanoi pada Kamis (17/12). Tiga relawan mendapatkan suntikan vaksin dan akan dipantau selama 72 jam di Universitas Kedokteran Militer Vietnam.

Nanogen merupakan satu dari empat perusahaan yang mengembangkan vaksin Covid-19 di Vietnam.

Mengutip perwakilan perusahaan, AFP memuat, vaksin itu memakan biaya sekitar 5 dolar AS atau setara dengan Rp 70 ribu per dosis.

Nguyen Ngo Quang dari kementerian kesehatan mengatakan 60 peserta akan menerima vaksin pada tahap pertama uji coba.

Direktur Universitas Kedokteran Militer Vietnam, Do Quyet mengatakan personel medis telah dipersiapkan dengan baik jika ada peserta yang mengalami efek samping bermasalah.

"Kami semua berpikir bahwa Covid-19 adalah musuh kami, jadi kami bersiap untuk pertempuran. Kami harus bersiap dengan sangat hati-hati dan kami harus memenangkan (pertempuran ini)," ujarnya.

Vietnam merupakan satu dari segelintir negara di dunia yang dipuji atas penanganannya terhadap pandemi. Sejauh ini, Vietnam berhasil menekan kasus hingga kurang dari 1.500, dengan 35 kematian.

Kemajuan pengembangan vaksin yang dilakukan oleh Vietnam itu muncu ketika banyak negara tengah berlomba-lomba untuk mendapatkan vaksin.

Para peneliti dari Johns Hopkins menunjukkan, negara-negara kaya yang hanya 14 persen dari populasi global sudah memesan lebih dari setengah jumlah vaksin yang diproduksi oleh 13 pengembang terkemuka pada tahun depan.

Menurut para peneliti, Kanada sudah memesan setara dengan empat dosis vaksin per orang. Sementara Amerika Serikat punya cadangan khusus satu vaksin per orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA