Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badai Kategori Lima Yasa Hantam Fiji, Beberapa Desa Hancur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Desember 2020, 08:59 WIB
Badai Kategori Lima Yasa Hantam Fiji, Beberapa Desa Hancur
Rumah-rumah rata dengan tanah setelah dihantam Topan Yasa/Net
rmol news logo Badai kategori lima atau paling mematikan menghantam Fiji, tepat di pulau terbesar keduanya, Vanua Levu pada Kamis malam (17/12).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Topan super Yasa dilaporkan telah meratakan beberapa desa setelah membawa angin dengan hembusan hingga 345 kilometer per jam.

Dilaporkan AFP, badai berlangsung selama empat jam, memicu banjir, tanah longsor, hingga pemadaman listrik pada Jumat pagi (18/12).

"Ada beberapa desa yang melaporkan bahwa semua rumah telah hancur. Sekolah-sekolah rusak dan atap-atap hancur. Tapi sejauh ini kami belum mendapat laporan korban atau cedera," kata kepala Save the Children Fiji Shairana Ali.

Ali mengatakan, Yasa mendarat di Provinsi Bau yang jarang penduduk. Walaupun menjadi salah satu badai terkuat yang tercatat di Fiji, Yasa tidak menimbulkan kerusakan signifikan di kota-kota besar, kecuali banjir di Rakiraki.

"Meski begitu, situasi bisa berubah karena wilayah terdampak cukup terpencil dan masih ada beberapa pulau kecil yang langsung dilalui siklon," ungkap Ali.

"Cuacanya masih kurang bagus tapi pemeriksaan udara diharapkan akan dilakukan hari ini dan tim dikerahkan di darat ketika laut tidak begitu kasar untuk kapal mencapai pulau itu," sambungnya.

Ali mengatakan, sejumlah besar penduduk telah dievakuasi, namun ia tidak merinci jumlahnya.

Pihak berwenang sendiri sudah memberikan peringatan terkait badai selama sepekan terakhir, mendesak penduduk untuk berlindung dan mengevakuasi diri jika tinggal di pantai.

Stasus darurat bencana alam juga sudah diberlakukan sejak Kamis. Pihak berwenang pun dapat memberlakukan jam malam dan pembatasan gerak selama sebulan ke depan.

Topan Yasa dikhawatirkan akan memiliki dampak yang sama menghancurkan seperti Topan Winston pada 2016, yang menewaskan 44 orang dan menghancurkan puluhan ribu rumah.

Fiji juga telah dihantam badai kategori lima pada April tahun ini. Topan Harold yang menewaskan 31 orang di Fiji juga menghantam Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Tonga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA