Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pilpres Afrika Tengah, Mantan Presiden Francois Boziza Diduga Rencanakan Kudeta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Desember 2020, 08:23 WIB
Jelang Pilpres Afrika Tengah, Mantan Presiden Francois Boziza Diduga Rencanakan Kudeta
Mantan Presiden Republik Afrika Tengah Francois Boziza/Net
rmol news logo Pemerintah Republik Afrika Tengah menuding mantan presiden Francois Boziza tengah merencanakan aksi kudeta menjelang pemilihan umum pada 27 Desember.

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (19/12), pemerintah mengatakan Bozize berkomplot untuk menyerang dua kota di dekat ibu kota Bangui setelah pengadilan tertinggi menolak pencalonannya.

Pemerintah menyebut, Bozize sudah mengumpulkan massa di pinggiran Kota Bossembele dan berencana untuk melakukan aksi ke Bangui.

"Ini jelas merupakan percobaan kudeta," tegas jurubicara pemerintah Ange Maxime Kazagui dalam siaran di televisi nasional, seperti dilaporkan Reuters.  

Bozize merupakan presiden yang digulingkan pada 2013 oleh pemberontak. Ia berupaya kembali ke kekuasaan namun ditolak oleh pengadilan.

Misi penjaga perdamaian dari PBB (MINUSCA) menuturkan pihaknya telah mengerahkan pasukan ke ibukota daerah lain dalam keadaan siaga tinggi untuk mengamankan pemilihan legislatif dan presiden.

Di sisi lain, Presiden Faustin-Archange Touadera, yang telah berjuang untuk menjaga stabilitas, sedang mengupayakan pemilihan kembali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA