Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tanzania Nasionalisasi Berlian Sitaan Senilai Rp 416 Miliar

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Desember 2020, 10:36 WIB
Tanzania Nasionalisasi Berlian Sitaan Senilai Rp 416 Miliar
Berlian/Net
Pemerintah Tanzania secara resmi telah menasionalisasi berlian senilai 29,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp 416 miliar (Rp 14.100/dolar AS) yang disita tiga tahun lalu.

Pada 2017, berlian dengan 71.654 karat disita di Bandara Internasional Julius Nyerere yang akan dikirim ke Belgia. Penyitaan dilakukan atas dugaan korupsi dan pencurian suber daya mineral.

Pasalnya dilaporkan Anadolu Agency pada Minggu (20/12), berlian yang disita milik Williamson Diamonds. Pada awalnya didokumentasikan bernilai 15 juta dolar AS, tetapi audit pemerintah menemukan nilainya hampir dua kali lipat.

Kasus ini menyeret dua mantan pejabat pemerintah untuk diadili di pengadilan ibukota Dar es Salaam. Keduanya diperintahkan membayar denda atau menghabiskan tiga tahun penjara karena menyebabkan kerugian pemerintah.

Polisi mengatakan duo itu mengakui kesalahan mereka karena meremehkan pengiriman berlian, dan kemudian negara memutuskan untuk menasionalisasi berlian tersebut.

Pemerintah pada 2017 juga mengeluarkan UU yang memungkinkan negara merundingkan kembali kontrak dengan perusahaan pertambangan dan energi.

Penambangan menyumbang sekitar 4 persen dari produk domestik bruto (PDB) Tanzania. Presiden John Magufuli telah merombak industri pertambangan, karena pemerintah menargetkan kontribusi dua kali lipat terhadap PDB menjadi 10 persen pada 2025.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA