Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Sputnik V Masih Efektif Lawan Mutasi Virus Corona Jenis Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 Desember 2020, 18:04 WIB
Rusia: Sputnik V Masih Efektif Lawan Mutasi Virus Corona Jenis Baru
Sputnik V/Net
rmol news logo Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Center dan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Sputnik V dinyatakan masih efektif elawan virus corona jenis baru yang ditemukan di Eropa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala RDIF Kirill Dmitriev kepada Presiden Rusia Vladimir Putin selama panggilan video pada Senin (21/12), seperti dilaporkan Sputnik.

"Kami juga mengonfirmasi bahwa Sputnik V sangat efektif melawan mutasi virus baru yang ditemukan di Eropa," kata Dmitriev.

"Oleh karena itu, (Sputnik V) sama efektifnya dengan melawan strain yang ada, dan Sputnik V telah terbukti efektif pada beberapa kesempatan, meskipun sebelumnya ada mutasi pada protein S," jelasnya.

Sputnik V menjadi vaksin Covid-19 pertama yang terdaftar pada Agustus, meski masih dalam tahap pengujian. Menurut para pengembang, Sputnik V memiliki keampuhan 90 persen melawan virus asli.

Sementara itu, otoritas Inggris mengonfirmasi pihaknya mendeteksi jenis virus corona baru pada pasien dari wilayah tenggara. Menurut ahli, terjadi mutasi pada protein virus yang membuatnya 70 persen lebih dapat menular.

Otoritas menegaskan, tidak ada bukti yang menunjukkan vaksin yang dikembangkan saat ini tidak efektif melawan virus.

Selain Inggris, mutasi serupa sudah ditemukan di Denmark dan Australia. Akibatnya sejumlah negara melarang penerbangan dari Inggris untuk menghentikan penyebaran virus corona jenis baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA