Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dituding Jadi Dalang Serangan Siber Oleh Trump, China: Semoga AS Lebih Bertanggung Jawab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 Desember 2020, 18:51 WIB
Dituding Jadi Dalang Serangan Siber Oleh Trump, China: Semoga AS Lebih Bertanggung Jawab
Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin/Net
rmol news logo China dibuat geram dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menuding Beijing lah yang berada di balik serangan siber besar-besaran beberapa waktu lalu.

Pada akhir pekan lalu, Trump mengesampingkan pendapat Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan para pejabat lainnya terkait serangan mata-mata oleh Kremlin. Alih-alih, Trump menyebut kemungkinan serangan itu datang dari China.

Menanggapi hal tersebut, jurubicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menyebut Trump berupaya mempolitisasi masalah tersebut.

"Amerika Serikat telah mempolitisasi masalah keamanan siber tanpa bukti konklusif dan terus menyebarkan informasi palsu dan melemparkan lumpur ke China dalam upaya untuk menodai citra China,” kata Wang, seperti dilaporkan Associated Press, Senin (21/12).

"Kami berharap Amerika Serikat akan mengambil sikap yang lebih bertanggung jawab terhadap keamanan dunia maya," lanjutnya.

Hubungan antara AS dan China memburuk dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Washington kerap menuding Beijing melakukan spionase. Seperti pada Juli, ketika pemerintah AS mendakwa dua warga negara China karena diduga melakukan mata-mata sejak 2009 untuk mencuri informasi terkait vaksin, senjata, dan aktivis hak asasi manusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA