Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Vietnam, Persahabatan Yang Teruji Oleh Waktu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 22 Desember 2020, 15:44 WIB
65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Vietnam, Persahabatan Yang Teruji Oleh Waktu
Hybrid luncheon yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia dalam rangka peringaran 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam/RMOL
rmol news logo Vietnam merupakan salah satu negara tetangga di kawasan ASEAN yang memiliki hubungan persahabatan yang kuat dan teruji oleh waktu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Selama 65 tahun terakhir, hubungan diplomatik yang dijalin oleh Indonesia dan Vietnam semakin erat dan meluas di banyak sektor," jelas Dutabesar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang dalam informal year-end hybrid luncheon yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia dalam rangka peringaran 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam pada Selasa (22/12).

Jika mau menengok lagi sejarah, persahabatan antara kedua negara tampak jelas terlihat dalam persahabatan antara dua bapak pendiri bangsa Indonesia dan Vietnam, yakni Soekarno dan Ho Chi Minh. Sejak saat itu, persahabatan kedua negara. semakin erat dijalin. Semangat persahabatan yang sama pun masih kental terasa hingga saat ini.

Hal itu terlihat salah satunya adalah sejak tahun 2013 lalu, kedua negara telah menjalin Kemitraan Strategis dengan kerja sama mendalam di sejumlah bidang, baik dialog politik dan diplomatik, kerja sama pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi, serta promosi pariwisata, pertukaran budaya serta people to people contact.

Di ranah internasional, Indonesia dan Vietnam juga memiliki fondasi yang kuat serta keselarasan gagasan dan pandangan dalam berbagai forum regional dan internasional.

Di ranah ekonomi, volume perdagangan dua arah antara Vietnam dan Indonesia selama lima tahun terakhir juga meningkat hingga 60 persen dari 5,6 miliar dolar AS pada tahun 2014 menjadi 9,1 miliar dolar AS pada tahun 2019.

Kini meski dunia tengah dirundung masalah dengan pandemi Covid-19, namun tidak serta merta melunturkan kuatnya persahabatan Indonesia dan Vietnam.

"Menanggapi pandemi Covid-19 yang menyebar secara global, Vietnam dan Indonesia menyadari pentingnya kerja sama untuk mencegah dan menghentikan pandemi. Dalam kerangka bilateral, kedua negara telah mengambil langkah untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman dalam menghadapi wabah dengan semangat solidaritas dan persahabatan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA