65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Vietnam, Persahabatan Yang Teruji Oleh Waktu

Hybrid luncheon yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia dalam rangka peringaran 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam/RMOL

Vietnam merupakan salah satu negara tetangga di kawasan ASEAN yang memiliki hubungan persahabatan yang kuat dan teruji oleh waktu.

"Selama 65 tahun terakhir, hubungan diplomatik yang dijalin oleh Indonesia dan Vietnam semakin erat dan meluas di banyak sektor," jelas Dutabesar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang dalam informal year-end hybrid luncheon yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia dalam rangka peringaran 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam pada Selasa (22/12).

Jika mau menengok lagi sejarah, persahabatan antara kedua negara tampak jelas terlihat dalam persahabatan antara dua bapak pendiri bangsa Indonesia dan Vietnam, yakni Soekarno dan Ho Chi Minh. Sejak saat itu, persahabatan kedua negara. semakin erat dijalin. Semangat persahabatan yang sama pun masih kental terasa hingga saat ini.

Hal itu terlihat salah satunya adalah sejak tahun 2013 lalu, kedua negara telah menjalin Kemitraan Strategis dengan kerja sama mendalam di sejumlah bidang, baik dialog politik dan diplomatik, kerja sama pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi, serta promosi pariwisata, pertukaran budaya serta people to people contact.

Di ranah internasional, Indonesia dan Vietnam juga memiliki fondasi yang kuat serta keselarasan gagasan dan pandangan dalam berbagai forum regional dan internasional.

Di ranah ekonomi, volume perdagangan dua arah antara Vietnam dan Indonesia selama lima tahun terakhir juga meningkat hingga 60 persen dari 5,6 miliar dolar AS pada tahun 2014 menjadi 9,1 miliar dolar AS pada tahun 2019.

Kini meski dunia tengah dirundung masalah dengan pandemi Covid-19, namun tidak serta merta melunturkan kuatnya persahabatan Indonesia dan Vietnam.

"Menanggapi pandemi Covid-19 yang menyebar secara global, Vietnam dan Indonesia menyadari pentingnya kerja sama untuk mencegah dan menghentikan pandemi. Dalam kerangka bilateral, kedua negara telah mengambil langkah untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman dalam menghadapi wabah dengan semangat solidaritas dan persahabatan," tandasnya.

Kolom Komentar


Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021
Video

RMOL World View • Diplomasi Halal Saat Pandemi

Senin, 08 Maret 2021

Artikel Lainnya

Indonesia Raih Finalis Human City Design Award 2020 Di Korsel
Dunia

Indonesia Raih Finalis Human..

08 Maret 2021 17:48
KDCA: Tak Ada Hubungan Antara Vaksinasi Dan Kasus Kematian Setelah Divaksin
Dunia

KDCA: Tak Ada Hubungan Antar..

08 Maret 2021 15:53
Hari Perempuan Internasional, Perempuan Myanmar Turun Ke Jalan Lawan Kudeta
Dunia

Hari Perempuan Internasional..

08 Maret 2021 15:17
Pangeran Harry Merasa Terjebak Dengan Kerajaan Hingga Bertemu Meghan Markle
Dunia

Pangeran Harry Merasa Terjeb..

08 Maret 2021 14:27
AS Minta Turki Jadi Tuan Rumah Dialog Perdamaian Intra-Afghan
Dunia

AS Minta Turki Jadi Tuan Rum..

08 Maret 2021 13:33
Finlandia: Skema Pengadaan Vaksin Kolektif Uni Eropa Hambat Program Vaksinasi
Dunia

Finlandia: Skema Pengadaan V..

08 Maret 2021 13:08
Korsel Sepakat Tambah Biaya Konstribusi Pasukan AS
Dunia

Korsel Sepakat Tambah Biaya ..

08 Maret 2021 12:41
China Siapkan Pusat Vaksinasi Untuk Suntik Warganya Di Luar Negeri
Dunia

China Siapkan Pusat Vaksinas..

08 Maret 2021 11:45