Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Kematian Pekerja Migran Thailand Di Korea Selatan Tinggi, PBB Prihatin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Desember 2020, 11:49 WIB
Angka Kematian Pekerja Migran Thailand Di Korea Selatan Tinggi, PBB Prihatin
Pekerja migran Thailand/Net
rmol news logo Sebuah laporan yang dirilis oleh Thomson Reuters Foundation mengungkap terjadinya kematian pada ratusan pekerja migran ilegal dari Thailand di Korea Selatan.

Mengutip kebebasan informasi (FOI) Kedutaan Besar Thailand di Seoul, laporan itu menyebut setidaknya 522 warga Thailand telah meninggal di Korea Selatan sejak 2015, sebanyak 84 persen di antaranya tidak berdokumen.

Empat dari 10 kematian yang dicatat terjadi akibat penyebab yang tidak diketahui sementara yang lainnya terkait kesehatan, kecelakaan dan bunuh diri.

Jumlah kematian pekerja migran sendiri mencapai rekor tertinggi tahunan pada tahun ini, yaitu 122 orang hingga pertengahan Desember.

"(Data) mengkhawatirkan dan membutuhkan perhatian dan penyelidikan," kata seorang spesialis migrasi tenaga kerja di Organisasi Buruh Internasional PBB (ILO), Nilim Baruah, seperti dimuat Malay Mail.

"Pekerja migran tidak berdokumen paling sedikit terlindungi dan kesehatan serta keselamatan mereka menjadi perhatian," tambahnya.

Seorang pejabat Thailand mengungkap, puluhan ribu migran ilegal di Korea Selatan bekerja secara berlebihan. Mereka juga tidak dapat mengakses layanan kesehatan dan tidak mungkin melaporkan eksploitasi karena takut dideportasi.

Selain itu, data terkait kematian migran juga tidak dipublikasikan oleh pemerintah sehingga hanya sedikit perhatian terhadap isu tersebut.

Organisasi Internasional PBB untuk Migrasi (IOM) menyatakan keprihatinannya tentang data yang ditemukan oleh Thomson Reuters Foundation dan sedang memantau situasi.

Sejauh ini Kementerian Ketenagakerjaan Korea Selatan dan Kedutaan Korea Selatan di Bangkok belum memberikan komentar.

Data dari Kementerian Luar Negeri menunjukkan, setidaknya 460 ribu orang Thailand bekerja di luar negeri, secara legal dan ilegal. Korea Selatan adalah tujuan utama bagi sekitar 185 ribu migran Thailand. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA