Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lumpuh Selama Delapan Bulan Karena Rawat Pasien Covid-19, Perawat Ini Berhasil Pulih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Desember 2020, 12:13 WIB
Lumpuh Selama Delapan Bulan Karena Rawat Pasien Covid-19, Perawat Ini Berhasil Pulih
Merlin Pambuan ketika berjalan keluar rumah sakit/Net
rmol news logo Seorang perawat veteran di St. Mary Medical Center akhirnya bisa kembali ke dekapan keluarga setelah delapan bulan berjuang di atas tempat tidur rumah sakit.

Ia adalah Merlin Pambuan, bekerja di rumah sakit di Long Beach, California. Ia ditugaskan di Unit Perawatan Intensif (ICU) untuk merawat pasien-pasien Covid-19.

Pambuan tidak pernah menyangka akan menjadi satu di antara mereka yang terbaring di ICU hingga semua berbalik pada musim semi lalu.

Dengan pengalamannya sebagai perawat selama 40 tahun, Pambuan pingsan karena obat penenang. Ia akhirnya lumpuh dan dipasangi ventilator untuk bernapas.

Dokter menyebut Pambuan sudah tidak ada harapan. Begitu parahnya hingga keluarganya mulai mempertimbangkan pilihan untuk menyerah.

Tapi suatu ketika ia bisa bangun dan kembali bernapas, meski tidak dapat berdiri.

Selama delapan bulan Pambuan berjuang. Ia bahkan harus merayakan ulang tahunnya ke-66 di bangsal rehabilitasi akut pada akhir Oktober.

Kegigihan Pambuan berbuah manis. Pada Senin (21/12), ia berhasil berjalan keluar pintu rumah sakit dengan selang oksigen masih terhubung ke hidungnya. Di depan, sudah ada rekan-rekan dan keluarganya yang bertepuk tangan dan bersorak sorai.

"Ini adalah kehidupan kedua saya," ucap Pambuan ketika ia keluar dari rumah sakit, ditemani oleh suaminya, Daniel berusia 63 tahun dan putri mereka, Shantell berusia 33 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA