Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Pertanian Australia: Dunia Mulai Cemas Dengan Perilaku China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 24 Desember 2020, 06:06 WIB
Menteri Pertanian Australia: Dunia Mulai Cemas Dengan Perilaku China
Menteri Pertanian Australia David Littleproud/Net
rmol news logo Menteri Pertanian Australia David Littleproud mengatakan pemerintahannya berharap perselisihan perdagangan yang berkembang dengan China saat ini bisa diselesaikan lewat jalur diplomasi.

Namun demikian, dirinya mengatakan bahwa Australia tidak akan pernah kompromi soal kedaulatannya.

Littleproud mengatakan kepada Luke Grant di Radio 3AW bahwa perselisihan mengenai sanksi perdagangan Beijing terhadap ekspor Australia telah membuat frustrasi, dan untuk menyelesaikannya perlu ada pendekatan yang terukur.

“Itu mengecewakan. Saya harus mengatakan, kami terus memastikan bahwa kami akan bersikap dewasa dalam ruang (permasalahan) itu,” katanya, seperti dikutip dari 9News, Rabu (23/12).

“Kami akan memastikan agar mereka mengerti, bahwa kami tidak akan pernah berpaling. Saat mereka siap bicara, kami akan berada di sana,” lanjutnya.

Minggu lalu Australia mengumumkan bahwa mereka telah mengadukan China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk menantang tindakan yang diambil terhadap ekspor jelai.

Tindakan yang dilakukan Pemerintah Federal itu diambil setelah China memberlakukan tarif 80,5 persen pada ekspor jelai Australia awal tahun ini.

Selain itu China juga baru-baru ini menaikkan tarif untuk anggur dan memblokir impor daging domba, daging sapi, lobster, dan barang lainnya.

Littleproud mengatakan ada banyak bukti bahwa perselisihan itu bukan tentang masalah perdagangan teknis dan lebih banyak tentang kedaulatan nasional.

“Ini lebih tentang orang Australia yang membela kedaulatan mereka sendiri. Dan kami tidak akan mengkompromikannya. Maaf,” tegasnya.

“Mereka akan menunggu lama jika mereka pikir kami akan melakukannya. Kenyataannya adalah ada ratusan ribu orang Australia yang telah memberikan hidup mereka untuk melindungi itu, dan kami berhutang kepada mereka dan warisan mereka untuk tidak pernah berkompromi dengan nilai dan prinsip kami,” lanjutnya.

Littleproud juga mengatakan bahwa saat ini negara-negara lain selain Australia semakin khawatir tentang perilaku China belakangan ini.

“Dunia sedang menonton. Dan ini adalah hal yang kami katakan kepada China: ‘Cara terbaik untuk memperbaiki ini dan mengklarifikasi tindakan Anda adalah dengan terbuka dan transparan serta melakukan percakapan’ karena dunia mulai cemas tentang tindakan mereka,” demikian Littleproud. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA