Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Koalisi Kelompok HAM Perkuat Langkah Facebook Untuk Gugat Perusahaan Peretas Israel NSO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Desember 2020, 12:17 WIB
Koalisi Kelompok HAM Perkuat Langkah Facebook Untuk Gugat Perusahaan Peretas Israel NSO
Koalisi kelompok HAM ikut mengugat perusahaan peretas Israel, NSO/Net
rmol news logo Koalisi kelompok hak asasi manusia mengikuti langkah Facebook untuk mengugat vendor pealatan mata-mata Israel NSO.

Gugatan yang diajukan pada Rabu (23/12) itu menyebut NSO telah memprioritaskan keuntungan dengan merugikan hak asasi manusia.

Dimuat Reuters, koalisi tersebut juga termasuk Amnesty International yang berbasis di Lonson, kelompok hak internet Access Now, hingga Committee to Protect Journalist.

Gugatan tersebut diajukan ke Pengadilan Banding Amerika Serikat (AS) untuk putaran ke-9, memberkuat pertarungan hukum antara Facebook dan NSO yang sudah berlangsung sejak Oktober 2019.

Menurut koalisi, NSO telah menumbangkan layanan pesan instan WhatsApp untuk meretas para aktivis hak asasi manusia, dan para oposisi.

Dukungan dari koalisi kelompok HAM menyusul langkah serupa yang diambil oleh sejumlah raksasa teknologi, termasuk Microsoft, Google, Dell, dan Cisco.

NSO adalah perkumpulan perusahaan Israel yang paling terkenal yang menjual perangkat lunak peretasan kepada klien pemerintah. Peralatan tersebut diduga digunakan untuk meretas para oposisi hingga jurnalis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA