Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konflik Etnis Makan 100 Korban Jiwa, PM Ehiopia Kerahkan Pasukan Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Desember 2020, 15:20 WIB
Konflik Etnis Makan 100 Korban Jiwa, PM Ehiopia Kerahkan Pasukan Militer
Pemerintah Ethiopia kerahkan pasukan militer ke Benishangul-Gumuz/Net
rmol news logo Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed telah mengerahkan pasukan ke wilayah Benishangul-Gumuz sebagai tanggapan atas serangkaian serangan di sana.

Sebanyak lebih dari 100 warga sipil di Desa Bekoji, Kabupaten Bulen yang berada di zona Meketel dinyatakan tewas akibat serangan pada Selasa (22/12).

"Pembantaian warga sipil di wilayah Benishangul-Gumuz sangat tragis. Pemerintah, untuk memecahkan penyebab masalah, telah mengerahkan kekuatan yang diperlukan," kata Abiy Ahmed, seperti dikutip Sputnik, Kamis (24/12).

Kantor berita lokal memuat, pihak berwenang telah menangkap lima pejabat senior yang terkait dengan keamanan di wilayah Benishangul-Gumuz.

Para militan sendiri dilaporkan menargetkan anggota komunitas Amhara. Pasalnya wilayah tersebut pada dasarnya dikuasai oleh etnis Gumuz, tetapi dalam beberapa tahun terakhir Amhara mulai mengambil alih.

Konflik etnis dan agama memang sudah menjadi makanan sehari-hari di Ethiopia. Pembunuhan massal dan pemindahan etnis kerap terjadi, termasuk di zona Metekel.

Selain konflik tersebut, Ethiopia juga masih dibayangi oleh konflik Tigray antara pemerintah dengan Front Pembela Rakyat Tigray (TPLF). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA