Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gabung KAM, Dubes Jose Tavares Siap Promosikan ASEAN Di Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Desember 2020, 11:27 WIB
Gabung KAM, Dubes Jose Tavares Siap Promosikan ASEAN Di Rusia
Pertemuan hybrid Komite ASEAN Moskow/Ist
rmol news logo Indonesia siap menjadi motor penggerak untuk mempromosikan ASEAN di Rusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI-Designate untuk Rusia Jose Tavares dalam pertemuan hybrid Komite ASEAN Moskow (KAM) di Moskow pada Kamis (24/12).

Dalam pertemuan tersebut, para dubes negara anggota ASEAN untuk Rusia menyambut kehadiran Dubes Jose di Moskow pada 13 Desember 2020.

"Saya merasa terhormat dan senang dapat bergabung dalam keluarga besar ASEAN di Moskow," kata Dubes Jose, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Jumat (25/12).

Jose yang sebelumnya merupakan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN ikut membahas evaluasi kegiatan KAM 2020 dan rencana kegiatan untuk 2021. Beberapa rencana kegiatan untuk 2021 telah disepakati, termasuk penyelenggaraan ASEAN Day dan pertemuan dengan Kemlu Rusia.

Pada pertemuan akhir tahun itu, Dubes Vietnam Ngo Duc Manh secara resmi menyerahkan keketuaan KAM kepada Hubes Haini Hashim dari Brunei Darussalam untuk memimpin selama satu tahun ke depan.

Rotasi pergantian keketuaan dalam KAM sendiri disesuaikan dengan keketuaan di ASEAN.

KAM merupakan satu dari 54 Komite ASEAN yang tersebar di seluruh dunia dan beranggotakan perwakilan negara-negara anggota ASEAN di setiap negara di mana komite tersebut berada.
Saat ini semua negara anggota ASEAN memiliki perwakilan atau Kedutaan Besarnya masing-masing di Moskow. KAM secara teratur bertemu dan bertukar pandangan tentang perkembangan hubungan ASEAN-Rusia serta mengoordinasikan kegiatan bersama guna mempromosikan ASEAN di Rusia.

Rusia sendiri merupakan negara mitra dialog ASEAN sejak 1996. Pemerintah Rusia sudah mengakreditasikan dubesnya untuk ASEAN sejak 2009 dan membuka kantor perwakilan tetap untuk ASEAN di Jakarta yang diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, pada 2017. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA