Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trudeau Gembira Paket Pertama Vaksin Sudah Tiba Di Kanada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 Desember 2020, 11:33 WIB
Trudeau Gembira Paket Pertama Vaksin Sudah Tiba Di Kanada
Cuitan Justin Trudeau yang mengabarkan bahwa vaksin Covid-19 dari Moderna telah tiba di Kanada/Repro
rmol news logo Paket pengiriman pertama berisi sebagian dari 168 ribu dosis vaksin Covid-19 Moderna yang diharapkan tiba sebelum akhir tahun telah tiba di Kanada.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan di akun Twitternya, seraya menunjukkan foto pesawat yang sedang menurunkan paket kiriman tersebut pada Jumat (25/12) waktu setempat.

“Dosis pertama vaksin Covid-19 Moderna telah tiba di Kanada. Ini adalah bagian dari 168 ribu dosis yang akan kami dapatkan sebelum akhir bulan, dan bagian dari 40 juta dosis yang kami jamin dari Moderna secara keseluruhan,” cuitnya pada Jumat (25/12) waktu setempat.

Dilaporkan CBC, pada Sabtu (26/12), pesawat pengangkut  mendarat pada Kamis (24/12) di Bandara Internasional Pearson Toronto - lebih dari 24 jam setelah Health Canada mengesahkan vaksin untuk digunakan pada orang yang berusia di atas 18 tahun.

“Ini adalah langkah besar lainnya dalam peluncuran vaksin nasional kami. Tapi itu tidak berarti kita bisa berhenti dulu. Vaksin tidak akan membantu kamu jika kamu sakit sekarang,” kata Trudeau.

Dosis yang tiba pada Kamis itu akan dikemas ulang menjadi jumlah yang lebih kecil oleh perusahaan logistik Innomar dan akan didistribusikan ke provinsi dan wilayah minggu depan.

Kehadiran vaksin Moderna membuka jalan bagi vaksinasi yang akan dimulai di komunitas utara yang terpencil, karena jauh lebih mudah untuk dikirim dan disimpan daripada vaksin Pfizer-BioNTech - satu-satunya vaksin lain yang saat ini disetujui untuk digunakan di Kanada.

Komunitas tersebut belum memulai vaksinasi karena mereka kekurangan infrastruktur kesehatan yang diperlukan untuk menyimpan vaksin Pfizer-BioNTech dengan aman. Vaksin Pfizer-BioNTech harus disimpan pada suhu kurang dari 70 derajat Celsius agar tetap stabil, sementara vaksin Moderna dapat disimpan pada suhu freezer biasa.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Menteri Pengadaan Kanada, Anita Anand dalam cuitannya di hari yang sama.

“Hanya satu hari setelah persetujuan Health Canada, dengan senang hati saya siap membantu saat vaksin Moderna masuk Kanada ! Ini adalah pengiriman pertama dari total 40 juta dosis yang telah diperoleh pemerintah kami dari Moderna dan akan menjadi yang pertama dari vaksin #COVID19 yang akan dikerahkan ke Kanada Utara,” cuitnya.

“Dosis vaksin Moderna diharapkan tiba di wilayah tersebut pada 28 Desember,” kata komandan militer yang memimpin logistik vaksinasi, Mayor Jenderal Dany Fortin, pada Rabu (23/12).

Trudeau mengatakan pada Rabu bahwa Kanada akan menerima 1,2 juta dosis Pfizer-BioNTech dan Moderna pada akhir Januari 2021.

Kanada telah mendapatkan kontrak dengan Pfizer-BioNTech untuk akses ke 20 juta dosis dan dengan Moderna untuk 40 juta dosis, dan berharap dapat memvaksinasi semua orang yang tinggal di Kanada pada September 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA