Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pandemi Covid-19 Momen Tepat Tafsirkan Ulang Kepentingan Nasional Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 28 Desember 2020, 15:02 WIB
Pandemi Covid-19 Momen Tepat Tafsirkan Ulang Kepentingan Nasional Negara
Dosen Hubungan Internasional dari Universitas Diponegoro Mohamad Rosyidin, MA dalam program mingguan RMOL World View/RMOL
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang menjadi musuh bersama dunia sejak sekitar setahun terakhir membawa banyak perubahan, termasuk dalam hal kepentingan nasional negara.

Dosen Hubungan Internasional dari Universitas Diponegoro Mohamad Rosyidin, MA dalam program mingguan RMOL World View bertajuk "Tatanan Dunia Baru Pasca Pandemi" yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (28/12) menuturkan bahwa, pandemi Covid-19 membuat banyak negara menafsirkan ulang definisi "kepentingan nasional" itu sendiri.

"Karena selama ini, negara-negara melihat bahwa kepentingan nasional cenderung materil, seperti dilihat dari sektor ekoomi, investasi dan militer," ujar Rosyidin.

"Tapi pasca pandemi, negara-negara akan meredefinisi kepentingan nasional mereka dengan memasukkan aspek kesehatan," sambungnya.

Dia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 membukikan bahwa negara yang powerful di tatanan global sekalipun akan menjadi powerless di hadpaan virus baru.

"Pandemi bangkitkan kesadaran bahwa kesehatan tidak bisa lagi menjadi aspek sekunder, tetapi primer," terangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA