Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Larang Masuk Warga Negara China, Ada Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Desember 2020, 18:51 WIB
India Larang Masuk Warga Negara China, Ada Apa?
China dan India/Net
rmol news logo Ketegangan antara India dan China masih terus meningkat. India bahkan dikabarkan sudah meminta maskapai penerbangan untuk memblokir warga negara China.

Kementerian Penerbangan Sipil India mengungkap telah meminta maskapai untuk memblokir warga negara China agar tidak naik penerbangan ke India.

Mengutip sumber anonim, India Today Television pada Senin (28/12) melaporkan, instruksi tersebut telah diedarkan sebagai pemberitahuan tidak resmi dari pemerintah.

Pemberitahuan itu membuat maskapai penerbangan kebingungan karena tidak ada pengumuman resmi masuknya warga negara China dalam daftar hitam. Selain itu, alasan pemberlakuan kebijakan itu juga masih belum jelas.

Dimuat Sputnik, sebelumnya India sudah menangguhkan penerbangan dari China karena pandemi. Kemudian pada November, China juga membatasi masuk penumpang dari India.

Ketegangan antara India dan China semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19, yang diperparah oleh konflik di perbatasan.

Pada April, keduanya saling menuding telah melanggar perjanjian perbatasan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC).

Konflik bersenjata kemudian meletus pada Juni, ketika 20 tentara India dinyatakan tewas di Lembah Galwan. Insiden itu membuat India melarang lebih dari 200 aplikasi China dan membatasi perusahaan teknologi Huawei dalam uji coba 5G. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA