Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Cavusoglu: Hubungan Akrab Turki-Rusia Bukan Karena Ada Sanksi Dari NATO Dan UE

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 Desember 2020, 06:08 WIB
Menlu Cavusoglu: Hubungan Akrab Turki-Rusia Bukan Karena Ada Sanksi Dari NATO Dan UE
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu/Net
rmol news logo Turki dan Rusia kembali menegaskan komitmen mereka untuk melakukan kerjasama baik dalam militer maupun kesehatan. Hubungan keduanya tidak akan goyah meskipun ada tekanan dari Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov pada hari Selasa bahwa hubungan Turki dengan Rusia bukanlah alternatif untuk hubungannya dengan NATO dan Uni Eropa.

Komentar Cavusoglu muncul setelah sesama anggota NATO, Washington, memberi sanksi kepada Turki atas pembelian pertahanan rudal S-400 Rusia.

Selain itu, Uni Eropa juga menyiapkan langkah-langkah hukuman atas perselisihan Turki dengan anggota Yunani dan Siprus atas hak lepas pantai Mediterania, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/12).

Lavrov juga mengatakan bahwa kerja sama militer Moskow dan Ankara tidak akan terhalang oleh sanksi Amerika Serikat (AS).

"Kami telah mengkonfirmasi niat bersama kami untuk mengembangkan hubungan militer dengan Turki meskipun (ada) tekanan tidak sah Washington," kata Lavrov.

Pernyataan tersebut dibuatnya saat dia berbicara pada konferensi pers di Sochi bersama Cavusoglu yang mengumumkan rencana perdagangan bersama senilai 100 miliar dolar AS, Selasa (29/12).

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah meyakinkan Cavusoglu bahwa sanksi Amerika dimaksudkan untuk mencegah Rusia menerima pendapatan besar dari penjualan tersebut.

Rusia tahun lalu mengirimkan sistem S-400 ke Ankara mengabaikan peringatan bahwa itu tidak kompatibel dengan keanggotaan Turki dalam aliansi NATO

Meskipun Rusia dan Turki adalah saingan dalam beberapa konflik termasuk Libya dan Suriah, Putin dan mitranya dari Turki Recep Tayyip Erdogan menjaga hubungan baik. Kedua negara juga bersama-sama memantau gencatan senjata yang dimediasi Rusia atas wilayah Nagorno Karabakh.

Dalam waktu dekat, Turki akan memproduksi vaksin Covid-19 Sputnik V, menurut Cavusoglu.

"Turki meminta lebih banyak informasi dari Rusia tentang vaksin Sputnik V," ujar Cavusoglu, seperti dikutip dari Tass. Ia menegaskan bahwa Menteri Kesehatan Fahrettin Koca memberi tahu kabinet kepresidenan pada hari Senin bahwa kerjasama untuk vaksin itu semuanya berada di jalur yang benar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA