Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Siap Setop Modernisasi Nuklir Trump, Rusia Lega?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Desember 2020, 12:32 WIB
Joe Biden Siap Setop Modernisasi Nuklir Trump, Rusia Lega?
Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk menghentikan program modernisasi nuklir yang dijalankan oleh Presiden Donald Trump.

Mengutip beberapa sumber dari tim transisi, Biden saat ini tengah mempertimbangkan pengeluaran biaya untuk Pentagon termasuk dengan menghentikan modernisasi nuklir senilai 1 triliun dolar AS.

Selain itu, Biden juga akan mencoba berjalan ke arah berseberangan dengan Trump terkait pengembangan hulu ledak nuklir baru.

Terkait dengan perjanjian New START yang akan berakhir, sumber menyebut Biden kemungkinan akan memberikan lampu hijau untuk perpanjangan jangka pendek dari perjanjian tersebut sembari membahas hal yang lebih substantif dengan Moskow.

Pada awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengaku pihaknya berharap agar pemerintahan Biden dapat mengakui perpanjangan perjanjian New START demi keamanan kedua negara serta komunitas internasional.

"Dilihat dari pernyataan media, tim Presiden terpilih Biden, tidak seperti mitra kami sebelumnya dalam dialog ini, tidak tertarik untuk membuat New START tersandera ambisinya dan mencoba untuk 'memaksa' posisi yang jelas tidak realistis," kata Lavrov, merujuk pada Trump.

"Jika ini benar, yang belum kami pelajari, maka peluang untuk mencapai kesepakatan tentang perpanjangan kesepakatan sebelum berakhir pada Februari 2021 masih ada," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA