Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kilas Balik Sibuknya Erdogan Di 2020, Dari Bertemu Kanselir Jerman Hingga Dikunjungi Vladimir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 31 Desember 2020, 09:03 WIB
Kilas Balik Sibuknya Erdogan Di 2020, Dari Bertemu Kanselir Jerman Hingga Dikunjungi Vladimir Putin
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 sepertinya tak mengurangi kesibukan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Justru, sepanjang 2020 Erdogan tercatat telah melalui masa kerja yang sibuk, dengan mengadakan acara tatap muka atau virtual.

Media pemerintah, Anadolu Agency, melaporkan pada Rabu (30/12), dari data yang ada menunjukkan bahwa Presiden Turki itu bahkan beberapa kali melakukan kunjungan internasional.

Erdogan tercatat melakukan 13 kunjungan ke luar negeri, dengan Qatar dan Azerbaijan menjadi hot spot bagi presiden saat ia melakukan perjalanan ke negara-negara ini masing-masing dua kali.

Erdogan juga mengunjungi Jerman atas undangan Kanselir Angela Merkel dan membahas perkembangan di Libya. Ia juga mengunjungi Aljazair, Gambia, Senegal, Ukraina, dan Pakistan.

Pemimpin Turki itu juga sempat mengunjungi Rusia pada 5 Maret dan berada di Brussel pada 9 Maret atas undangan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.  

Setelah kunjungannya ke Brussel, kunjungan ke luar negeri Erdogan terhenti untuk sementara waktu karena pandemi virus corona.

Pada 2 Juli, Erdogan kembali melakukan kunjungan ke Qatar dan berada di Kuwait pada 7 Oktober.

Tahun ini, Erdogan juga telah melakukan kunjungan bersejarah ke Republik Turki Siprus Utara (TRNC) pada 15 November untuk menghadiri upacara hari republiknya. Ia juga menghadiri pembukaan sebagian distrik Maras yang tetap ditutup selama hampir lima dekade.

Kunjungan terakhir Erdogan ke luar negeri adalah ke Azerbaijan pada 9-10 Desember lalu, menyusul kemenangan negara itu melawan pasukan pendudukan Armenia di Nagorno-Karabakh. Ketika itu Presiden Turki berpartisipasi dalam parade kemenangan Azerbaijan sebagai tamu kehormatan.

Tak hanya kunjungan ke luar negeri, Erdogan juga sibuk menjadi tuan rumah bagi sejumlah oemimpin dunia.

Pada 8 Januari, Erdogan menjamu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Serbia Aleksandar Vucic untuk upacara pembukaan TurkStream.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev juga mengunjungi Turki untuk menghadiri Dewan Kerja Sama Strategis Tingkat Tinggi Turki-Uzbekistan pada 19-20 Februari.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berada di Turki pada 16 Oktober untuk kunjungan kerja. Ersin Tatar, presiden Republik Turki Siprus Utara, juga teecatat mengadakan kunjungan asing pertamanya ke Turki pada 26 Oktober atas undangan Erdogan.

Terakhir ada Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berada di Turki pada 26 November untuk memimpin pertemuan keenam Komite Strategi Tinggi Turki-Qatar.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA