Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teror Akhir Tahun, ISIS Tewaskan 37 Warga Sipil Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 Januari 2021, 08:50 WIB
Teror Akhir Tahun, ISIS Tewaskan 37 Warga Sipil Suriah
Bendera Pasukan Demokratis Suriah (SDF) berkibar di Barghouz, Suriah/Net
rmol news logo Setidaknya 37 orang di Suriah dilaporkan tewas dalam salah satu serangan terbesar yang dilakukan oleh kelompok militan ISIS sejak kejatuhan kekhalifahan mereka pada Rabu (30/12).

Serangan mematikan itu dilaporkan menargetkan konvoi tentara rezim Suriah dan milisi yang kembali dari cuti ke pos mereka di Provinsi Deir ez-Zor, sebagian besar daerah gurun di perbatasan dengan Irak.

Kantor berita resmi negara, Sana, melaporkan bahwa serangan teroris yang menargetkan bus yang melintas di jalan raya utama itu menewaskan 25 warga sipil dan melukai 13 orang lainnya. Sebiah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa orang-orang itu berasal dari Brigade Keempat elit Bashar al-Assad.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), bus itu disergap dalam operasi yang direncanakan dengan baik di dekat desa Shula oleh para jihadis yang mendirikan pos pemeriksaan untuk menghentikan konvoi dan meledakkan bom sebelum melepaskan tembakan. Dua bus lainnya berhasil lolos dslam serangan itu.

"Itu adalah salah satu serangan paling mematikan sejak jatuhnya kekhalifahan ISIS tahun lalu," kata kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman, seperti dikutip dari AFP, Kamis (31/12).

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas insiden tersebut.

Didirikan di tengah kekacauan perang saudara Suriah, ISIS mendeklarasikan apa yang disebut sebagai kekhalifahan pada 2014 dan pada satu titik mereka berhasil menguasai wilayah Suriah dan Irak.

Kelompok itu kehilangan kendali atas sebagian kecil wilayahnya di gurun Deir Ez-Zor pada Maret 2019 setelah lima tahun serangan yang sebagian besar dilakukan oleh AS dan sekutu regionalnya untuk mengusir para militan dari kedua negara.

Meskipun demikian, sel-sel jihadis terus melancarkan penyergapan dan serangan tabrak lari dari gua dan pangkalan di gurun luas Suriah. Militan ISIS dan pasukan Assad sering bentrok di daerah tersebut.

Telah terjadi lonjakan kekerasan dalam beberapa bulan terakhir. April lalu, 27 pejuang yang setia kepada pemerintah Damaskus dan milisi sekutu Iran tewas dalam serangan ISIS di dekat kota gurun al-Sukhna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA