Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Liburan Di Tengah Lockdown, Menteri Keuangan Ontario Mengundurkan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 Januari 2021, 09:52 WIB
Liburan Di Tengah Lockdown, Menteri Keuangan Ontario Mengundurkan Diri
Perdana Menteri Ontario Doug Ford/Net
rmol news logo Perdana Menteri Ontario Doug Ford mengumumkan bahwa menteri keuangannya, Rod Phillips, telah mengundurkan diri karena terbukti melanggar aturan penguncian ketat yang diberlakukan untuk mencegah perjalanan yang tak penting. Diketahui Phillips baru saja pulang ke Ontario setelah melakukan liburan di Karibia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Phillips tiba di Bandara Toronto Pearson pada Kamis (31/12) pagi waktu setempat, saat itu dia mengatakan bahwa dirinya ingin tetap melanjutkan pekerjaannya, namun bagaimanapun itu akan bergantung pada keputusan PM Ford.

“Hari ini, setelah percakapan saya dengan Rod Phillips, saya telah menerima pengunduran dirinya sebagai menteri keuangan Ontario,” kata Ford dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CBC, Jumat (1/1).

“Pada saat rakyat Ontario telah berkorban begitu banyak, pengunduran diri hari ini adalah demonstrasi bahwa pemerintah kami menganggap serius kewajiban kami untuk mempertahankan standar yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Ford mengatakan dia telah meminta Peter Bethlenfalvy untuk mengambil peran sebagai menteri keuangan dan melanjutkan anggaran pemerintah pada 2021.

“Penunjukan ini akan membantu memastikan stabilitas ekonomi di bulan-bulan mendatang, karena kami mendukung keluarga Ontario, pekerja dan bisnis melalui pandemi Covid-19, dan saat kami memetakan jalan kami menuju pemulihan ekonomi jangka panjang,” ujarnya.

Sadar akan kesalahannya, Philips dalam sebuah pernyataan mengaku bahwa keputusannya untuk berlibur merupakan hal yang bodoh dan sangat disesalinya.

“Bepergian selama liburan adalah keputusan yang salah, dan saya sekali lagi mengucapkan permintaan maaf tanpa pamrih saya,” tulis Phillips dalam pernyataannya.

Berita tentang perjalanan liburan Phillips ke Karibia - terlepas dari pandemi Covid-19 dan saran pemerintahnya sendiri untuk menghindari perjalanan yang tidak penting - telah memicu seruan untuk pengunduran dirinya, namun banyak warga juga bertanya, bagaimana hal itu bisa terjadi.

Pemimpin Partai New Democratic Party (NDP) Andrea Horwath, yang termasuk di antara mereka yang menyerukan agar Phillips dicopot dari kabinet, mengatakan pengunduran diri itu terjadi dua minggu penuh setelah perdana menteri mengetahui liburan itu.

“Doug Ford tahu tentang perjalanan Rod Phillips ke St. Barts dua minggu lalu,” kata Horwath dalam sebuah pernyataan pada Kamis (31/12).

“Ford tidak memecatnya saat itu, dia membantunya merahasiakan perjalanan itu. Pengunduran diri Phillips dari kabinet hari ini bukan karena liburan Phillips, itu karena mereka ketahuan,” lanjutnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA