Sambut 2021, China Dan Mesir Teken Kesepakatan Timbal Balik Vaksin Covid-19

Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang (Kiri), Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed (tengah) dan Asisten Menteri Kesehatan Mesir untuk Inisiatif Kesehatan Masyarakat Mohamed Hassani menghadiri upacara penandatanganan letter of intent di Kairo, Mesir, pada 31 Desember 2020/Net

Sehari sebelum pergantian tahun, China dan Mesir menandatangani letter of intent untuk kerja sama timbal balik dalam vaksin Covid-19, Kamis (31/12).

Surat tersebut ditandatangani oleh Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang atas nama Komisi Kesehatan Nasional China, bersama dengan Mohamed Hassani, asisten menteri kesehatan Mesir untuk inisiatif kesehatan masyarakat, menurut laporan dari  kedutaan China di Kairo dalam sebuah pernyataan.

“Upacara penandatanganan juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed,” kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (1/1).

“Penandatanganan surat tersebut akan sangat mendorong kerja sama di bidang penelitian, pengembangan, produksi, dan penggunaan vaksin virus corona antara lembaga terkait kedua negara,” kata Liao.

China dan Mesir telah membantu satu sama lain di tengah pandemi yang mengancam, kata duta besar, seraya menambahkan bahwa penandatanganan letter of intent merupakan perwujudan dari upaya bersama China dan Mesir untuk membangun komunitas kesehatan.

Dia menekankan bahwa orang-orang dari semua negara memiliki hak untuk mendapatkan vaksin dan obat-obatan, sambil menekankan bahwa pemerintah China sangat mementingkan keamanan dan efektivitas vaksin.

“Vaksin China sedang menjalani uji klinis fase 3 di banyak negara, dan berkembang dengan lancar. China telah menyetujui penggunaan darurat vaksin di negara tersebut, dan tidak ada reaksi merugikan yang serius,” kata Liao.

Duta Besar juga menekankan bahwa China telah membuat komitmen yang kuat untuk melayani vaksin sebagai produk publik global dan memasoknya ke dunia dengan harga yang wajar dan terjangkau, berkontribusi pada realisasi ketersediaan dan keterjangkauan vaksin di negara berkembang.

Sementara itu, menteri kesehatan Mesir mengatakan bahwa hubungan Mesir-China sangat bersahabat, dan kerja sama di bidang kesehatan semakin diperluas.

“China telah memberikan permainan penuh pada upaya bersama pemerintah dan perusahaan untuk secara tegas mendukung dan membantu Mesir selama perang melawan epidemi, dan Mesir sangat menghargai itu,” kata Zayed.

“Sebagai negara dengan populasi besar di kawasan ini, Mesir memiliki keinginan yang sangat tulus untuk melakukan kerja sama anti-epidemi dengan China, termasuk vaksin,” katanya, sambil menekankan bahwa Mesir sangat mengharapkan dukungan China yang berkelanjutan.

Pada 10 Desember, Mesir telah menerima gelombang pertama vaksin virus corona China untuk membantu memerangi pandemi Covid-19 di negara itu.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Bangladesh Relokasi Lagi Ribuan Pengungsi Rohingya Ke Pulau Terpencil
Dunia

Bangladesh Relokasi Lagi Rib..

04 Maret 2021 08:11
Pengadilan Kriminal Internasional Luncurkan Penyelidikan Kejahatan Di Wilayah Palestina
Dunia

Pengadilan Kriminal Internas..

04 Maret 2021 08:07
Pelaku Gunakan Pisau Di Swedia, Tiga Orang Kritis
Dunia

Pelaku Gunakan Pisau Di Swed..

04 Maret 2021 07:55
Myanmar: Kepala UE Kecam Pelanggaran HAM Oleh Militer
Dunia

Myanmar: Kepala UE Kecam Pel..

04 Maret 2021 07:42
Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan, Turki Dan Bosnia Herzegovina Teken Perjanjian Keuangan Militer
Dunia

Tingkatkan Kerja Sama Pertah..

04 Maret 2021 07:09
PBB: 38 Orang Tewas Dalam Hari Paling Berdarah Di Myanmar
Dunia

PBB: 38 Orang Tewas Dalam Ha..

04 Maret 2021 06:59
Blinken: China Adalah Ujian Terbesar, AS Siap Menghadapi Kapan Saja
Dunia

Blinken: China Adalah Ujian ..

04 Maret 2021 06:25
Korban Covid Muslim Dikuburkan Di Pulau Terpencil, Sri Lanka Menuai Protes
Dunia

Korban Covid Muslim Dikuburk..

04 Maret 2021 06:11