Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertukar Ucapan Selamat, Xi Jinping Dan Vladimir Putin Semakin Mesra Sambut Tahun Baru 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 Januari 2021, 14:16 WIB
Bertukar Ucapan Selamat, Xi Jinping Dan Vladimir Putin Semakin Mesra Sambut Tahun Baru 2021
Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo China siap mempertahankan hubungan yang lebih erat lagi dengan Rusia. Presiden Xi Jinping dalam pesan akhir tahunnya kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa dia siap untuk mempertahankan kontak dekatnya dalam berbagai bentuk kerjasama di berbagai bidang dengan mitranya itu.

Xi membuat pernyataan tersebut saat bertukar ucapan selamat Tahun Baru dengan Putin, pada Kamis (31/12) waktu setempat. Ini adalah panggilan telepon untuk yang kesekian kalinya dalam bulan ini. Kedua pemimpin nampak semakin sering melakukan panggilan telepon di berbagai kesempatan.

Xi, atas nama pemerintah dan rakyat China, menyampaikan salam dan harapan yang tulus kepada Putin dan rakyat Rusia.

Sepanjang 2020, China dan Rusia telah saling membantu dan bekerja sama dalam memerangi pandemi Covid-19 serta menulis babak baru dalam bertetangga yang baik.

"Pada tahun 2020, kedua belah pihak meluncurkan program Tahun Inovasi Ilmiah dan Teknologi China-Rusia. Acara itu mempromosikan pengembangan yang stabil dari kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral di bawah kondisi pencegahan dan pengendalian Covid-19," ujar Xi, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (1/1).

Xi kembali mengingat bahwa dia dan Putin pada tahun lalu telah melakukan beberapa percakapan telepon, menghadiri serangkaian pertemuan multilateral melalui tautan video, serta bertukar pandangan mendalam tentang hubungan China-Rusia masalah internasional dan regional utama.

Putin pada bagiannya menyampaikan salam Tahun Baru yang tulus kepada Xi, dan berharap orang-orang China bahagia dan sehat.

"Tahun lalu, kemitraan strategis komprehensif Rusia-China telah berkembang pesat," kata Putin, seraya menambahkan bahwa pemerintah, legislatif dan berbagai departemen kedua negara telah menjaga komunikasi yang erat.

Memperhatikan bahwa tahun depan menandai peringatan ke-20 penandatanganan Perjanjian China-Rusia tentang Bertetangga Baik dan Kerja Sama Ramah, Putin mengatakan dia yakin bahwa kedua belah pihak akan terus menjunjung semangat perjanjian dan bersama-sama mencapai hasil baru hubungan China-Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA