Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Tahun Kepergian Soleimani, Pasukan Pertahanan Israel Siagakan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 03 Januari 2021, 12:48 WIB
Satu Tahun Kepergian Soleimani, Pasukan Pertahanan Israel Siagakan Diri
Pasukan Pertahanan Israel (IDF)/Net
rmol news logo Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dilaporkan berada dalam keadaan siaga, di tengah peringatan pembunuhan Komandan Pasukan Elite Al Quds Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani pada 3 Januari.

Mengutip sumber militer senior, The Jerusalem Post melaporkan, IDF tidak menutup kemungkinan akan adanya serangan dari "negara lingkaran kedua", merujuk pada Irak dan Yaman.

Menjelang Minggu (3/1), IDF juga telah mengadakan diskusi perihal tingkat perencanaan dan meninjau kemungkinan skenario serangan yang berbeda.

Pada pertengahan Desember 2020, Kepala Staf Letjen Aviv Kochavi memperingatkan, jika Iran dan proksi-proksinya mencoba menyerang Israel, maka mereka akan membayar mahal.

"Saya menyederhanakan banyak hal dan menjelaskan situasinya kepada musuh kita sebagaimana adanya. Rencana pembalasan kita sudah disiapkan, dan sudah dipraktekkan," ujarnya.

Laporan itu muncul tak lama setelah Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengunggah cuitan bahwa Israel berupaya memprovokasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

"Intelijen baru dari Irak menunjukkan bahwa agen-provokator Israel sedang merencanakan serangan terhadap orang Amerika, menempatkan Trump yang terikat dengan casus belli palsu. Hati-hati dengan jebakan, Presiden Trump," cuit Zarif.

Soleimani sendiri dibunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad, Irak ketika menjadi tamu kenegaraan. Insiden itu membuat Iran melakukan tindakan balasan dengan mengirim beberapa roket ke Pangkalan Militer AS di Irak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA