Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tawari Julian Assange Suaka, Presiden Meksiko Mulai Cari Masalah Dengan Joe Biden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 05 Januari 2021, 09:45 WIB
Tawari Julian Assange Suaka, Presiden Meksiko Mulai Cari Masalah Dengan Joe Biden
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Langkah Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador untuk menawarkan suaka politik kepada pendiri WikiLeaks Julian Assange dipandang akan memicu ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).

Lopez Obrador mengatakan, ia ingin menteri luar negerinya meminta Inggris untuk membebaskan Assange agar Meksiko dapat menawarkan suaka kepadanya.

"Assange adalah seorang jurnalis dan pantas memberikan kesempatan. Kami akan memberinya perlindungan," ujarnya pada Senin (4/1), seperti dikutip Reuters.

Langkah Lopez Obrador itu seakan mencari masalah dengan AS yang tengah mengupayakan ekstradisinya.

Otoritas AS menuduh Assange melakukan pelanggaran selama pemerintahan mantan Presiden Barack Obama terkait dengan rilis catatan rahasia militer AS dan kabel diplomatik di WikiLeaks.

Meskipun pemerintahan Obama memilih untuk tidak menuntut Assange, tawaran Lopez Obrador menuai kritik sebagai isyarat yang tidak diplomatis mengingat mantan wakil presiden Obama, Joe Biden akan mengambil alih kursi kepresidenan AS.

"Lopez Obrador tampaknya melakukan upaya untuk merusak hubungan (dengan) AS, ketika Joe Biden bersiap untuk menjabat," kata mantan pejabat pemerintahan Obama, Mark Feierstein.

Lopez Obrador mengatakan dia berharap memiliki hubungan baik dengan Biden sebagai presiden. Namun, dia mengecewakan Demokrat dengan menunggu berminggu-minggu untuk mengakui kemenangan pemilihan Biden.

Pembelaan Lopez Obrador kepada Assange bukan pertama kali ini dilakukan. Pada Januari lalu, Lopez Obrador mendesak Inggris untuk membebaskan Assange. Ia menuding Inggris telah menahan Assange dengan penyiksaan dan mengatakan dokumen WikiLeaks telah menunjukkan cara kerja dunia "otoriter".

Menurut seorang pejabat Meksiko, tawaran suaka untuk Assange menunjukkan bahwa Meksiko akan mengejar kebijakan luar negeri independen.

Tetapi menurut Feierstein, tindakan Lopez Obrador sendiri kontraproduktif. Pasalnya ia juga secara teratur menyerang jurnalis Meksiko karena mengkritisi pemerintah.

Sementara itu, pengadilan Inggris sendiri telah menolak permintaan ekstradisi Assange ke AS. Penolakan dilakukan dengan mempertimbangkan kesehatan mental Assange yang berisiko bunuh diri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA