Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapat Keringanan Utang, Kongo: China Adalah Teman Sejati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 Januari 2021, 13:44 WIB
Dapat Keringanan Utang, Kongo: China Adalah Teman Sejati
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo China memberikan keringanan utang kepada Republik Demokratik Kongo di tengah kesuliltan yang dialami negara Afrika Tengah itu akibat pandemi Covid-19.

Kementerian Luar Negeri Kongo pada Rabu (6/1) mengumumkan, pihaknya tidak perlu membayar kembali pinjaman bebas bunga yang jatuh tempo pada akhir 2020 ke China.

Tetapi kementerian tidak mengungkap berapa jumlah utang yang dilepaskan oleh China untuk Kongo.

Dimuat Al Jazeera, pembebasan utang itu diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Kongo Ntumba Nzenza dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Kinshasa. Wang juga menyatakan komitmen China untuk mendukung proyek-proyek pembangunan di Kongo.

"Sebagai teman Kongo yang paling dapat diandalkan, China ingin terus memberikan kontribusi bagi pembangunan Kongo," kata Wang.

"Dalam masa-masa sulit, kami mengenali teman sejati dan China adalah salah satu teman Kongo," timpal Nzenza.

Menurut data yang dikumpulkan oleh China Africa Research Initiative dari Johns Hopkins University, entitas China telah memberikan 53 pinjaman ke Kongo antara tahun 2000 dan 2018, dengan total 2,4 miliar dolar AS. Sebagian besar pinjaman difokuskan pada sektor listrik, transportasi dan pertambangan.

China sendiri telah memperpanjang keringanan utang senilai lebih dari 2 miliar dolar AS kepada negara-negara berkembang di bawah kerangka G20 karena krisis pandemi Covid-19.

Sementara itu, selain mengunjungi Kongo, Wang juga sudah dan akan melakukan tur ke beberapa negara Afrika lainnya, yaitu Nigeria, Botswana, Tanzania, dan Seychelles. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA