Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jose Ramos Horta: Bagi Timor Leste, Joe Biden Adalah Teman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 07 Januari 2021, 23:39 WIB
Jose Ramos Horta: Bagi Timor Leste, Joe Biden Adalah Teman
Mantan presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Joe Biden sebagai pemenang pemilu presiden Amerika Serikat/Net
rmol news logo Ditegaskannya Joe Biden sebagai Presiden Terpilih Amerika Serikat dan dipastikan akan dilantik pada 20 Januari mendatang, disambut hangat oleh banyak pemimpin serta tokoh terkemuka di dunia negara. Salah satunya adalah mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Dalam surat terbuka yang dipublikasikan oleh media Timor Leste, The Oekusi Post, pada Kamis (7/1), dia mengucapkan selamat atas pemilihan Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat.

"Di Timor Leste kita semua bergembira bersama seluruh dunia dalam merayakan fakta bahwa presiden Amerika berikutnya adalah orang jujur ​​yang penuh kasih dengan pengalaman tak tertandingi baik di Kongres maupun Administrasi," tulis Jose.

"Sebagai negara dengan 98 persen penganut Katolik, kami sangat senang bahwa ada penganut Katolik yang taat berada di puncak kekuasaan terbesar di dunia," sambungnya.

Dia memuji Biden sebagai sosok yang memiliki komitmen kuat dalam uaya memupuk hak asasi manusia dan demokrasi. Selain itu, Jose memuji Biden yang dinilainya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang urusan internasional. Hal itu tidak lepas dari pengalannya selam berpuluh-puluh tahun dalam pelayanan negara.

"Saya telah menyebut Anda, dan almarhum Ted Kennedy, dan banyak lainnya seperti Tom Harkin, Jack Reed, sebagai di antara banyak teman setia dan pendukung kemerdekaan, termasuk pada saat-saat tergelap dan paling menantang. Dukungan seperti itu tidak pernah dilupakan," tulis Jose.

Dia pun mengungkapkan penggalan kenangan yang pernah dia jalin dengan Biden.

"Selama presidensi saya sendiri, saya sangat tersentuh oleh kata-kata penyemangat Anda. Saya juga mendapat kehormatan untuk berbagi malam dengan putra Anda, Beau pada jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh almarhum Richard Holbrooke. Ketika saya duduk di sebelah Beau, saya ingat mengatakan kepadanya bagaimana dia mengingatkan saya pada Robert Kennedy dan bagaimana Anda, Tuan Presiden terpilih, mengingatkan saya pada John F Kennedy," jelasnya.

Lebih lanjut Jose menggarisbawahi bahwa warga Timor Leste akan selalu menggap Biden sebagai teman.

"Saya berbicara untuk semua penerima Nobel yang mengatakan jika ada cara kami dapat mendukung Anda, terutama dalam penyembuhan dan rekonsiliasi yang akan menjadi bagian yang sulit dan penting dari tugas-tugas di hadapan Anda, kami siap melayani Anda," demikian Jose. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA