Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dipicu Penemuan Varian Baru Dari Inggris, Kota Brisbane Di-Lockdown

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 Januari 2021, 08:31 WIB
Dipicu Penemuan Varian Baru Dari Inggris, Kota Brisbane Di-Lockdown
Kota Brisbane di Queensland, Australia di-lockdown/Net
rmol news logo Penemuan varian baru virus corona di Brisbane membuat otoritas negara bagian Queensland, Australia memberlakukan lockdown di kota tersebut.

Varian baru virus corona itu menginfeksi seorang pekerja hotel karantina, di mana strain yang ditemukan adalah B.1.1.7. Itu adalah varian baru virus corona yang lebih menular dan pertama kali diidentifikasi di Inggris.

Meskipun Queensland tidak melaporkan kasus lokal, tetapi penemuan B.1.1.7 sudah eningkatkan kekhawatiran. Alhasil, lockdown diberlakukan mulai Jumat malam (8/1) selama tiga hari.

"Kami tahu bahwa tingkat infeksi sangat tinggi pada varian khusus ini. Kami harus bertindak berbeda dari apa yang kami alami sebelumnya. Setiap penundaan bisa menunjukkan hasil yang signifikan, jika bukan bencana," kata Menteri Kesehatan negara bagian, Yvette D'Ath, sepert dikutip Reuters.

Keputusan untuk memberlakukan lockdown di kota terbesar ketiga di Australia itu diumumkan beberapa jam sebelum pertemuan khusus kabinet nasional untuk memperketat aturan masuk pelancong internasional.

"Jika kita tidak melakukan ini sekarang, itu bisa berakhir dengan penguncian selama 30 hari," ujar Perdana Menteri Queensland, Annastacia Palasczuk.

Dengan pemberlakuan lockdown, maka lebih dari 2 juta penduduk Brisbane diwajibkan memakai masker dan hanya boleh keluar karena satu dari empat alasan penting, yaitu berbelanja bahan makanan, bekerja, olahraga, atau perawatan medis.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pun mengapresiasi langkap cepat pemerintah negara bagian yang langsung memberlakukan lockdown.

Sejauh ini Australia sudah melaporkan lebih dari 28.500 kasus Covid-19 dengan 909 kematian sejak pandemi. Sementara itu, Morrison mengumumkan, pemerintah akan mulai kampanye vaksinasi pertama pada Februari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA