Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengadilan Irak Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump Atas Pembunuhan Abu Mahdi al-Mohandes, Ancamannya Hukuman Mati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 Januari 2021, 14:52 WIB
Pengadilan Irak Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump Atas Pembunuhan Abu Mahdi al-Mohandes, Ancamannya Hukuman Mati
Spanduk bergambar Pengawal Revolusi Iran Jenderal Qassem Soleimani, kiri, dan Tokoh Syiah Irak komandan senior milisi Abu Mahdi al-Muhandis, yang tewas di Irak dalam serangan pesawat tak berawak AS pada 3 Jan 2020/Net
rmol news logo Pengadilan Baghdad dilaporkan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden AS Donald Trump sebagai bagian dari penyelidikan atas pembunuhan Abu Mahdi al-Mohandes, seorang komandan paramiliter Irak.

Al-Mohandes, wakil kepala jaringan paramiliter Hashed al-Shaabi Irak yang sebagian besar pro-Iran, tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS yang sama yang menewaskan jenderal Iran Qassem Soleimani di bandara Baghdad pada 3 Januari tahun lalu.

Iran sendiri telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Trump pada bulan Juni, dan meminta Interpol untuk menyampaikannya sebagai pemberitahuan merah kepada pasukan polisi lain di seluruh dunia, permintaan yang sejauh ini belum terpenuhi.

Dilaporkan The Guardian, Jumat (8/1), pengadilan Baghdad timur mengeluarkan surat perintah penangkapan Trump berdasarkan Pasal 406 KUHP, yang menetapkan hukuman mati dalam semua kasus pembunuhan yang direncanakan.

Pengadilan mengatakan penyelidikan pendahuluan telah selesai tetapi mereka tetap meneruskan penyelidikan untuk mengungkap pelaku lain dalam kejahatan ini, apakah mereka orang Irak atau orang asing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA