Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rincian Lengkap Alasan Twitter Memblokir Akun Donald Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 09 Januari 2021, 09:54 WIB
Rincian Lengkap Alasan Twitter Memblokir Akun Donald Trump
Presiden Donald Trump/Net
rmol news logo Salah satu raksasa media sosial yang selama ini diandalkan Donald Trump untuk melakukan propagandanya, telah memutuskan untuk menangguhkan akun @realDonaldTrump secara permanen pada Jumat (8/1) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam postingan di blog resminya, Twitter membeberkan sejumlah alasan hingga akhirnya mengeluarkan keputusan tersebut.

Berikut isi lengkap keputusan Twitter di blog resminya yang dikutip redaksi pada Sabtu (9/1).

Setelah meninjau secara cermat Tweet terbaru dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya - khususnya bagaimana mereka diterima dan ditafsirkan di dalam dan di luar Twitter - kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut karena kekhawatiran akan risiko hasutan lebih lanjut dalam upaya melakukan kekerasan.

Dalam konteks peristiwa mengerikan minggu ini, kami menjelaskan pada hari Rabu bahwa pelanggaran tambahan terhadap 'Peraturan Twitter' berpotensi mengakibatkan tindakan ini. Kerangka kerja kepentingan publik kami ada untuk memungkinkan publik mendengar dari pejabat terpilih dan pemimpin dunia secara langsung. Itu dibangun di atas prinsip bahwa rakyat memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban di tempat terbuka.

Namun, kami memperjelas selama bertahun-tahun bahwa akun-akun ini (ternyata) tidak sepenuhnya berada di atas aturan kami, yang antara lain tidak dapat menggunakan Twitter untuk menghasut kekerasan. Kami akan terus bersikap transparan tentang kebijakan kami dan penegakannya.

Di bawah ini adalah analisis komprehensif dari pendekatan penegakan kebijakan kami dalam kasus ini.

Gambaran, pada 8 Januari 2021, Presiden Donald J. Trump mentweet:

“75.000.000 Patriot Amerika yang hebat memilih saya, AMERICA FIRST, dan  MAKE AMERICA GREAT AGAIN, akan memiliki SUARA RAKSASA di masa depan. Mereka tidak akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun!”

Tak lama kemudian, Presiden men-tweet:

“Kepada semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan pada 20 Januari.”

Karena ketegangan yang sedang berlangsung di Amerika Serikat, dan peningkatan percakapan global tentang orang-orang yang menyerbu Capitol Hill pada Rabu (6/1), maka kedua Tweet ini dianggap cenderung menginspirasi orang lain untuk meniru tindakan kekerasan.

Pernyataan Presiden dapat dimobilisasi oleh khalayak dengan cara yang berbeda, termasuk untuk menghasut kekerasan, serta dalam konteks pola perilaku dari akun ini dalam beberapa minggu terakhir.

Setelah menilai bahasa dalam Tweet ini, kami telah menetapkan bahwa Tweet ini melanggar Kebijakan Pemuliaan Kekerasan dan pengguna @realDonaldTrump harus segera ditangguhkan secara permanen dari layanan.

Kami menilai dua Tweet yang dirujuk di atas sangat mungkin mendorong dan menginspirasi orang untuk meniru tindakan kriminal yang terjadi di US Capitol pada 6 Januari 2021.

Penentuan ini didasarkan pada sejumlah faktor, antara lain:

Pernyataan Presiden Trump bahwa dia tidak akan menghadiri pelantikan diterima oleh sejumlah pendukungnya sebagai konfirmasi lebih lanjut bahwa pemilihan tersebut tidak sah dan terlihat saat dia menolak klaim sebelumnya yang dibuat melalui dua Tweet ( 1 , 2 ) oleh Wakilnya. Kepala Staf, Dan Scavino, bahwa akan ada "transisi yang teratur" pada tanggal 20 Januari.

Tweet kedua juga dapat berfungsi sebagai dorongan bagi mereka yang berpotensi mempertimbangkan tindakan kekerasan bahwa Pelantikan akan menjadi target "aman", karena dia tidak akan hadir.

Penggunaan kata “American Patriots” untuk menggambarkan beberapa pendukungnya juga diartikan sebagai dukungan bagi mereka yang melakukan tindakan kekerasan di US Capitol.

Penyebutan pendukungnya memiliki "SUARA RAKSASA sampai ke masa depan" dan bahwa "Mereka tidak akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun!" sedang ditafsirkan sebagai indikasi lebih lanjut bahwa Presiden Trump tidak berencana untuk memfasilitasi "transisi yang tertib" dan sebaliknya dia berencana untuk terus mendukung, memberdayakan, dan melindungi mereka yang yakin dia memenangkan pemilu.

Hingga berita ini diturunkan Belum ada komentar resmi dari Gedung Putih, sementara akun resmi Presiden Amerika Serikat, sementara @potus, tetap aktif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA