Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Pompeo Cabut Pembatasan Interaksi Antara Pejabat AS Dan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 Januari 2021, 07:16 WIB
Menlu Pompeo Cabut Pembatasan Interaksi Antara Pejabat AS Dan Taiwan
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengumumkan telah mencabut pembatasan kontak antara pejabat Amerika Serikat (AS) dan Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (9/1), Pompeo mengatakan, selama beberapa dekade terakhir, Departemen Luar Negeri AS telah menciptakan batasan internal ketika berinteraksi dengan pihak Taiwan.

"Pemerintah Amerika Serikat mengambil tindakan ini secara sepihak, dalam upaya untuk menenangkan rezim Komunis di Beijing," kata Pompeo, seperti dikutip Reuters.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa saya mencabut semua pembatasan yang diberlakukan itu," tambahnya.

Menurut Kantor Perwakilan Ekonomi dan Kebudayaan Taipei di AS, keputusan itu menunjukkan kuat dan dalamnya hubungan antara Amerika dan Taiwan.

"Pemerintah Amerika Serikat memelihara hubungan dengan mitra tidak resmi di seluruh dunia, tidak terkecuali Taiwan. Pernyataan hari ini mengakui bahwa hubungan AS-Taiwan tidak perlu, dan tidak seharusnya, dibelenggu oleh pembatasan birokrasi permanen kami yang diberlakukan sendiri," lanjut Pompeo.

Keputusan itu diumumkan hanya beberapa hari sebelum Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft mengunjungi Taiwan pada pekan depan.

Rencana kunjungan itu sudah ditanggapi oleh China yang menyebutnya sebagai upaya bermain api oleh AS.

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, dan secara teratur menggambarkan Taiwan sebagai masalah paling sensitif dalam hubungannya dengan AS

Sementara AS, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan. Namun pemerintahan Presiden Donald Trump telah meningkatkan dukungan untuk negara pulau itu, dengan penjualan senjata dan undang-undang untuk membantu Taiwan mengatasi tekanan dari China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA