Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Sambut Kembali Pesawat Supersonik Komersial Untuk Sipil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 Januari 2021, 09:21 WIB
AS Sambut Kembali Pesawat Supersonik Komersial Untuk Sipil
Pesawat supersonik/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mengeluarkan pedoman aturan terkait pengembangan yang aman untuk pesawat supersonik komersial bagi sipil.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pedoman itu dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan AS bersama dengan Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Isinya untuk menyederhanakan dan mengklarifikasi prosedur untuk pengujian penerbangan supersonik di Amerika.

"Keputusan ini adalah langkah signifikan untuk memperkenalkan kembali penerbangan supersonik sipil dan menunjukkan komitmen departemen terhadap inovasi yang aman," ujar Menteri Transportasi Elaine L. Chao, yang saat ini sudah mengundurkan diri.

Selain itu, pedoman itu juga akan membantu memastikan bahwa perusahaan yang mengembangkan pesawat supersonik memahami dengan jelas proses untuk mendapat persetujuan FAA terkait uji penerbangan.

"FAA mendukung pengembangan baru pesawat supersonik selama parameter keselamatan diperhatikan," kata Administrator FAA Steve Dickson, seperti dikutip Simple Flying.

"Pengujian pesawat supersonik di Mach 1 hanya akan dilakukan setelah mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan," imbuhnya.

Munculnya regulasi baru itu disambut baik oleh sejumlah perusahaan yang selama ini berlomba-lomba mengembangkan pesawat supersonik, seperti Boom dan Aerion.

"Kami menyambut baik minat FAA dalam mengklarifikasi aturan penerbangan uji supersonik," ujar jurubicara Boom Supersonic.

"Hari ini menandai tonggak penting dalam pengembangan penerbangan supersonik sipil," tutur CEO Aerion. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA