Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pusat Distribusi Listrik Rusak, Pakistan Dilanda Gelap Gulita Secara Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 Januari 2021, 11:20 WIB
Pusat Distribusi Listrik Rusak, Pakistan Dilanda Gelap Gulita Secara Nasional
Pemadaman listrik secara nasional di Pakistan/Net
rmol news logo Pakistan dilanda gelap gulita selama beberapa jam karena terjadi kerusakan pada distribusi listrik di ibukota.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pemadaman listrik secara nasional itu terjadi pada Sabtu (9/1), menjadi yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Kementerian Air dan Tenaga Listrik menyebut, telah terjadi kesalahan teknis pada sistem distribusi nasional berkekuatan 500KV, di mana frekuensi pasokan tiba-tiba turun drastis ke angka nol.

Alhasil terjadi pemadaman listrik di Islamabad, Karachi, Lahore, Rawalpindi, Multan, Faisalabad, Hyderabad, dan sebagian Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Sejumlah gedung dan institusi penting juga ikut mengalami pemadaman, termasuk kantor presiden, kantor perdana menteri, parlemen, bandara, hingga Mahkamah Agung.

Laporan awal menyebut kerusakan di pembangkit listrik utama terjadi pada Sabtu pukul 11.41 malam waktu setempat, seperti dilaporkan Andolu Agency.

Di beberapa wilayah, listrik kembali menyala pada Minggu (10/1) pukul 2 dini hari waktu setempat.

Kementerian Air dan Tenaga Listrik mengatakan, pihaknya sudah membentuk komite berjumlah enam orang untuk menyelidiki pemadaman listrik.

Sementara itu, di media sosial, warganet juga justru dihebohkan dengan berbagai teori konspirasi yang terkait dengan pemadaman listri nasional itu.

Dimuat Sputnik, beberapa orang menyebut pemadaman dikarenakan adanya serangan militer besar-besaran. Ada juga yang menyebut pembangkit listrik telah diserang.

Di sisi lain, ada juga pengguna media sosial yang khawatir dengan kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit yang membutuhkan listrik untuk hidup mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA