Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Temukan Varian Baru Virus Corona Dari Brasil, Ada 12 Mutasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Januari 2021, 08:49 WIB
Jepang Temukan Varian Baru Virus Corona Dari Brasil, Ada 12 Mutasi
Jepang temukan varian baru virus corona dari Brasil/Net
rmol news logo Jepang menemukan mutasi baru virus corona. Varian baru itu terdeteksi dari empat pelancong dari negara bagian Amazon, Brasil.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kementerian Kesehatan Jepang pada Minggu (10/1) melaporkan, empat pelancong itu tiba di Bandara Haneda, Tokyo pada 2 Januari.

Mereka adalah seorang pria berusia 40-an yang mengalami masalah pernapasan, wanita berusia 30-an yang mengalami sakit kepala dan tenggorokan, remaja pria yang mengalami demam, dan remaja wanita yang tidak menunjukkan gejala.

Dimuat Reuters, keempatnya saat ini telah dikarantina di bandara Tokyo.

Seorang pejabat kementerian mengatakan, saat ini tengah dilakukan penelitian untuk mengetahui kemanjuran vaksin terhadap varian baru itu, karena berbeda dengan yang ditemukan di Inggris maupun Afrika Selatan.

"Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan varian baru yang ditemukan pada mereka yang berasal dari Brasil memiliki tingkat penularan yang tinggi," kata kepala Institut Penyakit Menular Nasional, Takaji Wakita.

Kendati begitu, ia mengatakan, potensi penularan lebih tinggi memang ada karena varian baru tersebut memiliki 12 mutasi, dan salah satunya telah diidentifikasi dalam varian yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

"Ini menyiratkan potensi penularan virus yang lebih tinggi," katanya.

Saat ini, Jepang sendiri tengah meningkatkan kewaspadaannya terhadap peningkatan kasus Covid-19. Tokyo dan tiga prefektur sekitar sudah memberlakukan keadaan darurat sejak pekan lalu.

Totalnya, Jepang sudah mengonfirmasi lebih dari 289 ribu kasus Covid-19 dengan 4.061 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA