Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang Untuk Polisi Yang Gugur Dalam Kerusuhan Capitol Hill

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Januari 2021, 11:08 WIB
Trump Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang Untuk Polisi Yang Gugur Dalam Kerusuhan Capitol Hill
Bendera AS dikibarkan setengah tiang sebagai penghormatan kepada polisi yang gugur dalam kerusuhan Capitol Hill/Net
rmol news logo Presiden Donald Trump memerintah pengibaran bendera Amerika Serikat (AS) setengah tiang di seluruh negeri dan luar negeri hingga 13 Januari.

Perintah itu ditujukan untuk menghormati pengorbanan dan jasa dari dua petugas polisi yang meninggal dalam kerusuhan di Capitol Hill pada Rabu (6/1).

"Sebagai tanda penghormatan atas pengabdian dan pengorbanan Petugas Kepolisian Capitol AS, Brian D. Sicknick dan Howard Liebengood, serta semua petugas polisi Capitol dan penegak hukum di seluruh tanah air yang hebat ini, dengan otoritas yang diberikan kepada saya sebagai Presiden AS oleh konstitusi dan hukum, dengan ini saya memerintahkan agar bendera AS dikibarkan setengah tiang di Gedung Putih dan di atas semua bangunan dan pekarangan umum, di semua pos militer dan stasiun angkatan laut, dan di semua kapal angkatan laut Pemerintah Federal di Distrik Columbia dan di seluruh ASdan wilayah serta kepemilikannya hingga matahari terbenam, 13 Januari 2021," kata presiden dalam sebuah proklamasi yang dikutip NTD.

"Saya juga memerintahkan agar bendera dikibarkan setengah tiang untuk jangka waktu yang sama di semua kedutaan besar AS, kantor konsuler, dan fasilitas lain di luar negeri, termasuk semua fasilitas militer dan kapal serta stasiun angkatan laut," tambahnya.

Hingga saat ini, penyebab kematian Liebengood belum dipastikan, termasuk apakah kematiannya terkait dengan kerusuhan di Capitol Hill.

Namun petugas lainnya, Sicknick dipastikan meninggal karena cedera akibat bentrokan dengan para pendukung Trump. Ia menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit pada Kamis (7/1) pukul 9.30 malam waktu setempat.

Ayah Sicknick mengatakan Wakil Presiden Mike Pence dan Ketua DPR Nancy Pelosi menelepon keluarga pada Jumat (8/1) untuk menyampaikan belasungkawa. Selama panggilan berlangsung, Pelosi mengundang keluarga tersebut ke Capitol untuk memilih tempat untuk mendapatkan plakat penghargaan Sicknick. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA