Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Minta Korea Selatan Tak Politisasi Penyitaan Kapal Tanker MT Hankuk Chemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Januari 2021, 13:33 WIB
Iran Minta Korea Selatan Tak Politisasi Penyitaan Kapal Tanker MT Hankuk Chemi
Penyitaan kapal tanker MT Hankuk Chemi oleh Iran/Net
rmol news logo Korea Selatan hendaknya tidak mempolitisasi penyitaan kapal tanker MT Hankuk Chemi oleh Garda Revolusi Iran (IRGC).

Demikian penegasan yang disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi kepada Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jong-kun di Teheran pada Minggu (10/1).

Hankuk Chemi berbendera Korea Selatan disita oleh IRGC ketika berlayar di Teluk pada 4 Januari dengan alasan pencemaran lingkungan. Kapal itu diketahui membawa 7.200 ton etanol. Iran juga menahan 20 awak kapal yang terdiri dari warga negara Korea Selatan, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar.

Korea Selatan menuding penyitaan kapal tersebut terkait dengan permohonan Iran untuk mencairkan dana 7 miliar dolar AS yang dibekukan oleh bank-bank Korea Selatan atas sanksi AS.

Tetapi Teheran membantah hal tersebut dan Araqchi mengatakan Seoul harus menahan diri dari mempolitisasi masalah dan propaganda yang sia-sia, alih-alih melanjutkan proses hukum.

"Selama sekitar dua setengah tahun, bank-bank Korea Selatan telah membekukan dana Iran. Itu tidak dapat diterima. Dalam pandangan kami, ini lebih karena kurangnya kemauan politik Seoul daripada sanksi AS," tambah Araqchi.

Jurubicara pemerintah Iran pekan lalu menyebut saat ini pengadilan tengah memproses kasus pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh Hankuk Chemi.

Namun, operator kapal yang berbasis di Busan, Taikun Shipping Co. Ltd., mengatakan tidak ada yang menunjukkan sebelum penyitaan kapal bahwa pihak berwenang Iran sedang menyelidiki kemungkinan pelanggaran aturan lingkungan.

Setelah insiden penyitaan kapal, Korea Selatan telah memanggil Duta Besar Iran dan mengirim delegasi ke Teheran, yang dipimpin oleh Choi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA