Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Ahli Penyelidik Asal-usul Virus Corona Tiba Di China Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Januari 2021, 18:24 WIB
Tim Ahli Penyelidik Asal-usul Virus Corona Tiba Di China Pekan Ini
Pasar makanan laut Wuhan yang diyakini sebagai tempat penyebaran virus corona/Net
rmol news logo China mengonfirmasi kedatangan tim ahli internasional yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyelidiki asal-usul virus corona.

Komisi Kesehatan China (NHC) pada Senin (11/1) mengumumkan, tim ahli yang beranggotakan 10 orang akan tiba di China pada pekan ini, Kamis (14/1).

"Tim WHO akan melakukan kerja sama penelitian bersama tentang asal-usul Covid-19 dengan para ilmuwan China," kata NHC, seperti dikutip CNA.

Setelah tiba di China, tim ahli harus menjalani karantina selama dua pekan sebelum mengunjungi Wuhan untuk misi mereka. NHC sendiri tidak merinci jadwal mereka ketika berada di China.

Penyelidikan mengenai asal-usul virus corona merupakan misi yang sudah lama ditunggu-tunggu. WHO menyebut, tim ahli akan berangkat ke China pada awal Januari, tetapi kemudian mengaku terdapat hambatan visa.

Pernyataan WHO itu dibantah oleh Kementerian Luar Negeri China sebagai sebuah kesalahpahaman. Kementerian menyatakan, belum ada pembicaraan mengenai kunjungan tim ahli.

Virus corona sendiri pertama kali diidentifikasi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada akhir 2019. Virus itu pada awalnya diyakini berasal dari pasar makanan basah Wuhan, tapi kemudian para ahli menyatakan pasar hanya sebagai sumber penularan dan bukan sumber virus.

Para ahli meyakini virus corona berasal dari hewan dan kemudian menular ke manusia.

Selain pasar, sejumlah teori menyebutkan virus corona berasal dari kebocoran laboratorium tingkat tinggi di Wuhan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA