Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikut Kecewa Dengan Trump, Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri Mundur Jelang Pelantikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 12 Januari 2021, 08:37 WIB
Ikut Kecewa Dengan Trump, Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri Mundur Jelang Pelantikan
Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Chad Wolf/Net
rmol news logo Seorang pejabat tinggi di pemerintahan Presiden Donald Trump kembali mengundurkan diri setelah kerusuhan di Capitol Hill pada Rabu (6/1).

Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri Chad Wolf menyatakan pengunduran dirinya hanya beberapa hari setelah ia mengkritik Trump atas insiden Capitol Hill.

Pada awalnya Wolf mengatakan berniat untuk tetap menjabat hingga pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, terlebih Departemen Keamanan Dalam Negeri bertanggung jawab atas keamanan Hari Pelantikan pada 20 Januari.

Tetapi ia terpaksa untuk mempercepat pengunduran dirinya menjadi Senin tengah malam (11/1) karena kerusuhan di Capitol Hill.

Hal itu disampaikan Wolf dalam surat yang ia kirim ke Departemen Keamanan Dalam Negeri, seperti dikutip AP.

"Meskipun saya secara konsisten mengutuk kekerasan politik di kedua sisi, khususnya kekerasan yang diarahkan pada penegakan hukum, kami sekarang melihat beberapa pendukung presiden menggunakan kekerasan sebagai alat untuk mencapai tujuan politik," ujarnya.

"Saya pergi setelah mengetahui bahwa departemen telah memposisikan dirinya untuk transisi yang tertib dan lancar ke tim Departemen Keamanan Dalam Negeri Presiden terpilih Biden," lanjutnya.

“Sambut mereka, didik mereka, dan belajarlah dari mereka. Mereka adalah pemimpin Anda selama empat tahun ke depan," imbuhnya.

Wolf menjabat sebagai Menteri Keamanna Dalam Negeri sejak November 2019, setelah Kevin McAleenan yang menggantikan Kirstjen Nielsen mundur. Ia tidak pernah mendapat konfirmasi Senat.

Pengunduran diri Wolf mengikuti sejumlah pejabat Kabinet lainnya yang marah karena Trump memiliki pengaruh untuk mencorong massa ke Capitol Hill.

Administrator Badan Manajemen Darurat Federal Peter Gaynor telah dipilih untuk menggantikan Wolf hingga pemerintahan Biden mengambil alih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA