Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Xi Jinping Kirim Ucapan Selamat Atas Terpilihnya Kim Joung Un Sebagai Sekjen Partai Pekerja Korea

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 12 Januari 2021, 13:58 WIB
Xi Jinping Kirim Ucapan Selamat Atas Terpilihnya Kim Joung Un Sebagai Sekjen Partai Pekerja Korea
Xi Jinping dan Kim Jong-un/Net
Presiden China Xi Jinping mengirim pesan ucapan selamat kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un yang telah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea (WPK) pada Senin (11/1).

Dalam pesannya, Sekjen Partai Komunis China itu mengatakan bahwa dirinya senang mendengar bahwa Kongres WPK ke-8 telah memilih Kim sebagai sekretaris jenderalnya.

“Kongres WPK ke-8, yang telah membuat serangkaian pengaturan untuk pengembangan tujuan sosialis Republik Demokratik Korea (DPRK), sangat penting,” kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (11/1).

Ia menambahkan, terpilihnya kembali Kim sebagai pimpinan puncak WPK sepenuhnya mencerminkan kepercayaan, dukungan dan harapan yang dipegang oleh seluruh anggota WPK dan masyarakat Korea Utara terhadapnya.

“China dan DPRK adalah tetangga sosialis yang bersahabat yang dihubungkan oleh pegunungan dan sungai,” kata Xi, seraya menekankan bahwa itu adalah kebijakan yang teguh dari PKC dan pemerintah China untuk melestarikan, mengkonsolidasikan, dan mengembangkan hubungan China-DPRK.

Memperhatikan bahwa dunia telah memasuki periode turbulensi dan transformasi, Xi mengatakan bahwa dirinyasiap bekerja dengan Kim untuk memperkuat panduan strategis untuk hubungan antara kedua pihak dan antara kedua negara.

Xi juga menyerukan upaya bersama untuk melaksanakan serangkaian konsensus penting yang telah dicapai kedua belah pihak, terus menulis bab baru dari kerja sama persahabatan China-DPRK, dan memajukan tujuan sosialis kedua negara.

Selain itu, ia menyarankan agar kedua belah pihak tetap berkomitmen pada penyelesaian politik masalah Semenanjung Korea, dan bersama-sama menjaga perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran kawasan, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi negara dan rakyatnya.

Di akhir pesannya, Xi berharap Kim sukses dalam pekerjaannya dan dalam memimpin partai dan rakyat DPRK menuju pencapaian baru dan lebih besar.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA