Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Fischer: AS Siap Dorong Investasi Dan Proyek Pembangunan Di Sahara Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Januari 2021, 08:59 WIB
Dubes Fischer: AS Siap Dorong Investasi Dan Proyek Pembangunan Di Sahara Maroko
Duta Besar AS untuk Maroko, David Fischer/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk mendorong investasi dan proyek pembangunan di kawasan Sahara Maroko.

Itu disampaikan oleh Duta Besar AS untuk Maroko, David Fischer ketika melakukan kunjungan bersama delegasi negeri Paman Sam ke Dakhla pada Minggu (10/1).

Dalam kunjungan tersebut, Fischer beserta para delegasi yang datang dari AS yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri untuk Timur Tengah David Schenker, bertujuan untuk meninjau proses pembukaan konsulat fisik di Dakhla.

"Perjalanan kami hari ini ke Dakhla adalah tonggak bersejarah lainnya dalam lebih dari 200 tahun persahabatan antara Kerajaan Maroko dan AS," terang dia, seperti keterangan tertulis yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (13/1).

"Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Yang Mulia Raja Mohammed VI, atas dedikasinya yang teguh pada persahabatan AS-Maroko sehingga memungkinkan kunjungan hari ini ke Dakhla," tambahnya.  

Fischer mengatakan, pembukaan konsulat di Dakhla akan memungkinkan AS mendapat keuntungan dari posisi strategis Maroko sebagai pusat perdagangan di Afrika, Eropa, dan Timur Tengah.

"Secara khusus, ini akan mendukung dan mendorong proyek investasi dan pembangunan yang membawa manfaat nyata bagi kawasan itu," lanjutnya.

Kunjungan para delegasi dari AS sendiri disambut hangat oleh Menteri Luar Negeri Maroko Nassir Bourita.

Dalam lawatannya, mereka mengunjungi cabang lokal dari Phosboucraa Foundation untuk mempelajari lebih lanjut tentang upaya untuk mempromosikan kewirausahaan, pembangunan sosial, dan nilai keterlibatan sipil bagi komunitas di Dakhla.

Sejak memproklamasikan kedaulatan penuh Maroko atas wilayah Sahara Maroko pada 10 Desember, AS bertujuan untuk membuka konsulat di wilayah Dakhla.

Dua pekan kemudian, 24 Desember, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan pembentukan Virtual Presence Post atau Pos Kehadiran Virtual (VPP). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA