Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Kembali Ke Rusia, Alexei Navalny Masuk Daftar Buronan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Januari 2021, 16:54 WIB
Belum Kembali Ke Rusia, Alexei Navalny Masuk Daftar Buronan Nasional
Alexei Navalny/Net
rmol news logo Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny masuk ke dalam daftar buronan nasional karena dituding melanggar ketentuan hukuman penjara yang ditangguhkan.

Salah satu pengacara Navalny, Vadim Kobzev mengatakan kliennya dimasukkan ke dalam daftar buronan nasional karena dinas penjara Rusia menuduhnya tidak melapor kepada mereka pada akhir tahun.

"Secara teori mereka dapat menahannya segera setelah dia tiba (di Rusia) tetapi awalnya hanya selama 48 jam," kata Kobzev, seperti dikutip Reuters.

Ia mengatakan, pengadilan akan mendengar rincian kasus pada 29 Januari dan dapat memutuskan hukuman penjara nyata kepada Navalny.

"Pengadilan dapat mengubah seluruh hukuman yang ditangguhkan menjadi hukuman nyata dan memberinya tiga setengah tahun penjara," kata Kobzev.

Pada Rabu (13/1), Navalny mengumumkan bahwa ia berencana untuk pulang ke Rusia pada Minggu (17/1) untuk pertama kalinya sejak ia diracuni pada Agustus.

Navalny menuding Kremlin bertanggung jawab atas insiden keracunannya oleh Novichok. Meski begitu, Kremlin telah membantah hal tersebut.

Pada akhir tahun, Layanan Penjara Federal (FSIN) Rusia memberikan ultimatum kepada Navalny untuk kembali sebelum tenggat waktu.

Navalny sendiri menjalani hukuman penjara tiga setengah tahun yang ditangguhkan atas kasus korupsi yang katanya bermotif politik. Masa percobaan Navalny berakhir pada 30 Desember. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA