Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesawat China Southern Airlines Disiapkan Jemput Meng Wanzhou Dari Kanada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Januari 2021, 06:15 WIB
Pesawat China Southern Airlines Disiapkan Jemput Meng Wanzhou Dari Kanada
Kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou/Net
rmol news logo Sebuah pesawat pribadi Boeing 777 sudah disiapkan untuk membawa pulang salah satu pimpinan raksasa teknologi Huawei, Meng Wanzhou dari Kanada.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Meng saat ini menghadapi tuduhan penipuan HSBC mengenai kesepakatan Huawei dan Iran untuk menghindari sanksi Amerika Serikat (AS). Baik Huawei maupun Meng menyangkal tuduhan tersebut. China juga bersikeras bahwa Meng tidak bersalah.

Di sisi lain, jaksa Kanada mendorong kasus Meng sebagai kriminalitas ganda sehingga dapat diekstradisi ke AS. Putusan ekstradisi itu akan dilakukan pada 27 Mei 2020.

Pengacara perusahaan berharap Hakim Heather Holmes akan memenangkan Meng, yang merupakan putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei.

Suami Meng, Liu Xiaozong dalam kesaksian pertamanya kepada jaksa Kanada, John Gibb-Carsley pada Selasa (12/1) mengatakan, sebuah pesawat milik China Southern Airlines sudah disediakan untuk Meng pada Mei.

Meski begitu, Liu tidak menyebut apakah pesawat tersebut dipesan oleh pemerintah China atau pihak Huawei, seperti dikutip South China Morning Post.

Sidang yang dihadapi Meng juga terkait jaminan pelonggaran pengawasan sebesar 7,8 juta dolar AS yang sudah diberikan pada Desember 2018, tidak lama setelah ia ditangkap di Bandara Internasional Vancouver.

Namun jaksa penuntut menentang pembebasan jaminan, dengan alasan bahwa wanita 40 tahun ini tetap berisiko melarikan diri.

Keputusan tentang jaminan Meng kemungkinan akan dibuat pekan ini, sementara sidang kasus ekstradisi akan berlanjut hingga Mei 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA