Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Norwegia Laporkan 13 Kematian Terkait Efek Samping Vaksin Pfizer-BioNTech

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Januari 2021, 12:26 WIB
Norwegia Laporkan 13 Kematian Terkait Efek Samping Vaksin Pfizer-BioNTech
Vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech/Net
rmol news logo Norwegia melaporkan 13 kematian terkait dengan efek samping vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

Badan Obat-obatan Norwegia melaporkan, sejauh ini ada 29 orang yang mengalami efek samping dengan berbagai tingkat keparahan.

"Dari jumlah tersebut, ada 13 kematian, sembilan efek samping serius, dan tujuh efek samping yang tidak terlalu serius," ujar direktur medis Badan Obat-obatan Norwegia, Steinar Madsen, seperti dikutip Sputnik, Jumat (15/1).

Sebenarnya, badan itu menyebut ada 23 kematian terkait dengan vaksinasi, tapi baru 13 di antaranya yang dinilai.

Semua kematian yang dinilai terjadi di antara pasien lansia dan lemah di panti jompo. Mereka berusia lebih dari 80 tahun, beberapa di antaranya bahkan lebih dari 90 tahun.

"Tampaknya beberapa dari pasien ini mendapatkan efek samping yang parah dalam bentuk demam dan malaise sehingga dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius, bahkan menyebabkan kematian," kata Madsen.

Dengan temuan itu, Madsen mengatakan perlu ada pertimbangan lebih lanjut mengenai vaksinasi pada kelompok berisiko tinggi.

Tetapi untuk kelompok lainnya, ia menyebut otoritas sejauh ini tidak menemukan efek samping.

"Kami tidak khawatir dengan ini. Sangat jelas bahwa vaksin ini memiliki risiko yang sangat kecil, dengan pengecualian kecil untuk pasien yang paling lemah," ucap dia.

"Dokter sekarang harus hati-hati mempertimbangkan siapa yang harus divaksinasi," imbau Madsen.

Awal pekan ini, Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia juga memberikan rekomendasi serupa. Lantaran sebelumnya enam orang dilaporkan meninggal saat uji coba vaksin Pfizer. Hanya dua yang benar-benar diberi vaksin, sementara empat lainnya diberikan larutan garam dan air plasebo yang aman.

Norwegia sendiri sudah mulai melakukan vaksinasi sejak akhir tahun lalu. Suntikan pertama dimulai di panti jompo Ellingsrudhjemmet. Sejauh ini sudah ada lebih dari 33 ribu orang yang divaksin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA