Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kehabisan Oksigen, Kematian Pasien Covid-19 Di Amazon Brasil Melonjak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Januari 2021, 13:59 WIB
Kehabisan Oksigen, Kematian Pasien Covid-19 Di Amazon Brasil Melonjak
Pasien Covid-19/Net
rmol news logo Pemerintah negara bagian Amazon di Brasil melaporkan pihaknya kehabisan oksigen untuk menangani pasien Covid-19. Akibatnya terjadi lonjakan baru kematian akibat penyakit tersebut.

Otoritas kesehatan mengatakan persediaan oksigen telah habis di beberapa rumah sakit dan bangsal perawatan intensif sangat penuh sehingga banyak pasien diangkut ke negara bagian lain.

Sekretaris kesehatan Amazon Marcellus Campelo mengatakan negara bagian membutuhkan oksigen hampir tiga kali lebih banyak daripada yang dapat diproduksi secara lokal dan meminta pasokan dari negara bagian lain.

Anggota Kongres Amazon, Marcelo Ramos menyebut pemerintah negara bagian telah meminta bantuan kepada Amerika Serikat (AS) untuk mengirim tabung oksigen dengan pesawat angkut militer.

Sementara itu, menurut seorang pakar kesehatan masyarakat dari Fiocruz Amazonia, Jesem Orellana menyebut banyaknya orang yang meninggal karena Covid-9 di ICU tanpa oksigen.

"Oksigen habis dan rumah sakit telah berubah menjadi kamar mati lemas. Pasien yang berhasil selamat bisa mengalami kerusakan otak permanen," jelasnya.

Seorang perempuan bernama Raissa Floriano sembari menangis mengaku tengah mencari tabung oksigen untuk ayahnya yang berusia 73 tahun, Alfonso.

Alfonso sendiri dirawat di rumah sakit 28 de Agosto di Manaus karena menderita Covid-19.

"Mereka mengambil oksigen dari ayah saya," kata Floriano.

Brasil sendiri saat ini tengah dikhawatirkan dengan munculnya varian baru virus corona. Saat ini para peneliti belum mengetahui seberapa menularnya varian tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA