Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Minta Israel Ikut Fasilitasi Pemilu Pertama Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 17 Januari 2021, 11:28 WIB
Uni Eropa Minta Israel Ikut Fasilitasi Pemilu Pertama Palestina
Palestina akan menggelar pemilu pertama dalam 14 tahun terakhir/Net
rmol news logo Uni Eropa menyampaikan apresiasi kepada keputusan Palestina yang akan mengadakan pemilihan umum untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Jurubicara Komisi Eropa, Peter Stano pada Sabtu (16/1) mengatakan Uni Eropa mendukung terbitnya UU penyelenggaraan pemilihan legislatif, presiden, dan Dewan Nasional di Palestina.

"Uni Eropa siap mendukung proses pemilihan. Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberlakukan dekrit UU tentang penyelenggaraan pemilihan legislatif, presiden dan Dewan Nasional dalam beberapa bulan mendatang dimulai dengan pemilihan legislatif pada 22 Mei," ujar Stano, seperti dikutip Anadolu Agency.

Stano mengatakan, hal tersebut adalah perkembangan baik karena lembaga demokrasi yang partisipatif, representatif, dan akuntabel adalah kunci untuk penentuan nasib sendiri dan pembangunan negara Palestina.

"Uni Eropa dalam beberapa tahun terakhir secara konsisten mendukung dan mendanai pekerjaan Komisi Pemilihan Umum Pusat untuk mempersiapkan penyelenggaraan pemilu yang bebas, adil dan inklusif bagi semua warga Palestina," kata Stano.

"Uni Eropa siap untuk terlibat dengan para aktor yang relevan untuk mendukung proses pemilihan. Uni Eropa juga meminta pemerintah Israel untuk memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan di seluruh wilayah Palestina," lanjutnya.

Berdasarkan keterangan dari Kantor Kepresidenan Palestina, pemilihan legislatif akan digelar pada 22 Mei, sedangkan pemungutan suara presiden pada 31 Juli.

Keputusan untuk menggelar pemilu sendiri diharapkan dapat memperkuat demokrasi dan mempererat perasatuan Palestina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA