Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada Penyebaran Covid Yang Kian Tinggi, Prancis Berlakukan Jam Malam Jadi Pukul 6 Sore

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 Januari 2021, 06:25 WIB
Waspada Penyebaran Covid Yang Kian Tinggi, Prancis Berlakukan Jam Malam Jadi Pukul 6 Sore
Perdana Menteri Prancis Jean Castex/Net
rmol news logo Prancis memberlakukan jam malam secara nasional mulai pukul 6 sore. Pengumuman itu dikeluarkan oleh Perdana Menteri Jean Castex yang mulai berlaku sejak Sabtu (16/1) hingga 15 hari ke depan, menyusul jumlah kasus yang meningkat selama beberapa minggu terakhir.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Semua bisnis harus tutup pada pukul 6 sore dan orang-orang harus sudah berdiam di rumah kecuali karena alasan pekerjaan, medis, atau keadaan darurat.

Siapa pun yang memasuki Prancis dari luar Uni Eropa wajib menunjukkan hasil tes negatif dan self-isolat selama seminggu pada saat kedatangan.

"Langkah-langkah ini dilakukan mengingat kondisi saat ini di mana angka kasus kian meningkat. Saya memutuskan ini karena konteksnya, terutama dengan evolusi virus, di mana kita harus terus waspada," Castex dalam pidatonya, seperti dikutip dari AFP, Minggu (17/1).

Castex menambahkan, meskipun kasus memburuk tetapi situasi di Prancis relatif lebih baik daripada banyak negara di sekitarnya.

Prancis mengalami kenaikan kasus sebanyak 21.217 dalam 24 jam pada Sabtu (16/1), dengan angka kematian meningkat sebanyak 193 sehingga total kematian karena virus corona mencapai 70,142.

Renaud Piarroux, seorang ahli epidemiologi di rumah sakit Pitié-Salpêtrière di Paris, mengatakan jam malam akan berdampak kecil dalam menahan penyebaran varian baru virus corona. Namun penguncian tetap harus dilakukan.

"Kami harus melakukan upaya besar seperti Inggris dan bahkan Jerman. Saya pikir yang terbaik adalah memperkuat segalanya sekarang daripada nanti," katanya.  

Meski demikian, beberapa pergerakan masih akan diizinkan setelah jam 6 sore, di amtaranya bepergian dari atau ke tempat kerja, memberi bantuan untuk penyandang disabilitas, pertemuan medis --dalam hal ini izin dapat diperoleh untuk pemeriksaan dokter yang tidak dapat dilakukan dari jarak jauh.

Kemudian seseorang juga diijinkan keluar melewati jam malam jika dalam keadaan darurat seperti mendapatkan bantuan medis yang mendesak atau jika terjadi kematian, menghadiri pertemuan hukum atau administrasi.

Seseorang juga diijinkan membawa anjingnya keluar melewati jam malam jika mendesak tetapi tidak lebih dari satu kilometer dari rumah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA