Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Venezuela Kirim Bantuan Oksigen Ke Brasil, Maduro Sindir Bolsonaro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 Januari 2021, 10:15 WIB
Venezuela Kirim Bantuan Oksigen Ke Brasil, Maduro Sindir Bolsonaro
Presiden Venezuela Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Venezuela telah mengirim bantuan pasokan oksigen untuk negara bagian Amazon di Brasil.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Minggu (17/1) mengatakan, enam truk yang membawa sekitar 136 ribu liter oksigen telah berangkat dan kemungkinan akan tiba di perbatasan Santa Elena de Uairen pada Senin pagi (18/1).

Setelah itu, truk akan diserahkan kepada otoritas kesehatan Brasil untuk dikirim ke ibukota Amazon, Manaus yang telah kehabisan oksigen.

Berbicara dalam siaran televisi, Maduro menyebut membutuhkan waktu 14 jam untuk tiba di tempat tujuan. Nantinya pasokan oksigen yang dibawa akan digunakan untuk mengisi ulang 14 ribu tabung oksigen.

“Jika ada yang harus didahulukan di antara kita umat Kristen saat ini, itu adalah solidaritas,” kata Maduro, seperti dikutip Reuters.

"Rakyat Brasil harus tahu bahwa kami bersedia membantu Brasil sebanyak yang kami bisa, dan bahkan lebih," sambungnya.

Hubungan antara Maduro dan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro diketahui tidak cukup baik. Terlebih Bolsonaro merupakan sekutu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pengiriman bantuan dari Venezuela sendiri dijadikan momentum bagi Maduro untuk menyindir Bolsonaro dengan menyebut situasi yang terjadi di Amazon adalah "bencana kesehatan Bolsonaro".

Sejak pekan lalu, otoritas kesehatan di Amazon melaporkan habisnya pasokan oksigen. Di mana kebutuhan oksigen tiga kali lipat lebih banyak daripada yang diproduksi secara lokal.

Habisnya oksigen tersebut membuat angka kematian akibat Covid-19 di sana meningkat karena banyak pasien yang meninggal karena lemas.

Selain meminta bantuan kepada negara bagian lain, otoritas kesehatan negara bagian juga telah menyampaikan permintaan bantuan kepada Amerika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA