Amerika: Masih Sedikit Warga Kulit Hitam Yang Dapat Suntikan Vaksin Daripada Orang Kulit Putih

Ilustrasi/Net

Diskriminasi rasial diduga terus terjadi di Amerika Serikat, terbaru hal itu terlihat dalam kampanye vaksinasi yang saat ini sedang berlangsung di sana.

Kaiser Health News dalam analisis terbarunya mengatakan bahwa meskipun menjadi ras yang paling rentan, orang kulit hitam Amerika ternyata menerima vaksinasi Covid-19 pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada orang kulit putih Amerika.

Forbes
melaporkan pada Minggu (17/1), di antara 16 negara bagian yang telah merilis data berdasarkan ras terkait dengan peluncuran vaksin, orang kulit hitam Amerika ‘secara signifikan kurang terwakili’ di antara mereka yang divaksinasi di setiap negara bagian.

Di Mississippi misalnya, di mana 38 persen populasinya berkulit hitam, sejauh ini hanya 18 persen orang  kulit hitam yang telah divaksinasi.

Menurut data dari Departemen Kesehatan negara bagian  hampir 150 ribu orang kulit putih telah divaksinasi di Pennsylvania, dibandingkan dengan kurang dari 6.000 penduduk kulit hitam yang ada di sana.

CDC baru-baru ini merilis data yang mencatat bahwa tingkat rawat inap Covid-19 di antara orang kulit hitam Amerika adalah 3,7 kali lebih tinggi daripada orang kulit putih, dan tingkat kematian 2,8 kali lebih tinggi. Namun, riwayat praktik medis tidak etis yang dilakukan pada orang kulit hitam telah mengakibatkan ketidakpercayaan yang kuat terhadap komunitas medis oleh sebagian besar populasi ini.

Ketimpangan tersebut mendapat reaksi dari Dr. Fola May, seorang dokter UCLA. Ia khawatir jika ini dibiarkan maka akan lebih banyak lagi korban yang berasal dari etnis tersebut.

“Kekhawatiran saya sekarang adalah jika kita tidak memvaksinasi populasi yang berisiko tertinggi, kita akan melihat kematian yang lebih tidak proporsional di komunitas kulit hitam dan coklat,” ungkap May kepada NBC News.

“Menghancurkan hatiku,” lanjutnya.

Praktek rasial dalam bidang kesehatan AS sebenarnya telah berlangsung lama.

Pada akhir 1800-an, James Marion Sims pernah melakukan eksperimen pada budak wanita kulit hitam tanpa anestesi. Dan dalam percobaan Tuskegee, yang dimulai pada awal tahun 1930-an, dokter dari Dinas Kesehatan Masyarakat ASmerekrut 600 orang kulit hitam di Macon County, Alabama, kebanyakan dari mereka petani bagi hasil yang miskin, modusnya dengan menjanjikan perawatan medis gratis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencatat riwayat alami sifilis, tetapi 600 peserta tidak pernah diberi tahu dan tidak dirawat dengan benar untuk penyakit mereka, sebaliknya hanya diberi tahu bahwa mereka sedang dirawat karena ‘darah buruk’.

Studi tersebut berlangsung selama 40 tahun sebelum AP mengungkap ceritanya, dan memicu kemarahan publik.

Menurut jajak pendapat Pew Research Center yang diterbitkan bulan lalu , skeptisisme vaksin tertinggi di antara orang kulit hitam Amerika, karena kurang dari 43 persen mengatakan mereka pasti atau mungkin akan mendapatkan vaksin Covid-19. Menurut CDC, orang kulit hitam secara historis kira-kira 10 persen lebih kecil kemungkinannya daripada orang kulit putih untuk menerima vaksin flu musiman dan HPV.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Dubes Umar Hadi: Digitalisasi Produk Ekonomi Kreatif, Suatu Keniscayaan
Dunia

Dubes Umar Hadi: Digitalisas..

06 Maret 2021 21:38
Bertemu Ulama Syiah Irak Dan Kunjungi Tempat Kelahiran Nabi Ibrahim, Paus Berterima Kasih Kepada Umat Muslim
Dunia

Bertemu Ulama Syiah Irak Dan..

06 Maret 2021 18:48
Dalai Lama Tenzin Gyatso Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19, Ajak Pengikutnya Tak Ragu Divaksin
Dunia

Dalai Lama Tenzin Gyatso Ter..

06 Maret 2021 17:58
Menandai Hari Ke-100 Aksi Protes, Petani India Blokir Enam Ruas Jalan Tol
Dunia

Menandai Hari Ke-100 Aksi Pr..

06 Maret 2021 17:47
Konflik Myanmar Dan Jalan Buntu Dewan Keamanan PBB
Dunia

Konflik Myanmar Dan Jalan Bu..

06 Maret 2021 16:29
Ledakan Gas Alam Texas: Satu Rumah Terbakar, Sepuluh Luka-luka
Dunia

Ledakan Gas Alam Texas: Satu..

06 Maret 2021 15:38
Senegal Membara, Massa Lakukkan Protes Besar-besaran Atas Penangkapan Pemimpin Oposisi Ousmane Sonko
Dunia

Senegal Membara, Massa Lakuk..

06 Maret 2021 15:04
Spesialis Keamanan Komputer AS: 30.000 Organisasi Di Seluruh Amerika Serikat Diretas Unit Spionase Dunia Maya China
Dunia

Spesialis Keamanan Komputer ..

06 Maret 2021 14:21